Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 STB Murah buat Nonton Siaran TV Digital, Mulai Rp 100.000-an

KOMPAS.com - Kebijakan untuk menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) telah bergulir sejak April lalu dan ditargetkan rampung pada 2 November 2022. Dalam ASO, siaran TV analog akan dialihkan ke siaran TV digital.

Saat siaran TV analog dimatikan, masyarakat nantinya hanya bisa menonton siaran TV digital. Supaya bisa menonton siaran TV digital, setidaknya masyarakat harus memiliki perangkat yang mendukung fitur DVB-T2.

Untuk diketahui, DVB-T2 sendiri mudahnya merupakan penangkap (receiver) sinyal digital. DVB-T2 dapat ditemui dalam dua model. Pertama, DVB-T2 yang tertanam langsung di perangkat TV atau biasa disebut juga dengan TV digital.

Kedua, DVB-T2 yang terpasang di luar perangkat TV secara terpisah atau bisa disebut juga dengan Set Top Box (STB). Jadi, masyarakat punya dua opsi untuk bisa menonton siaran TV digital, yakni memakai TV digital atau menggunakan STB.

Untuk daftar TV digital dengan harga mulai Rp 1 jutaan, silakan lihat lebih lanjut di artikel ini “5 Smart TV Murah buat Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB”. Bila memakai TV digital biayanya dirasa mahal, masyarakat masih bisa menggunakan STB.

Sebagaimana telah cukup banyak diketahui, STB merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengonversi sinyal digital agar dapat diterima di TV analog biasa. Dengan STB, TV analog bisa tetap dapat menonton siaran TV digital.

Alhasil, masyarakat tak perlu repot membeli TV digital baru untuk menggantikan TV analog lamanya, supaya bisa menonton siaran digital. STB bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah, mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000-an.

Seandainya tertarik untuk membeli STB, berikut KompasTekno rangkumkan daftar harga STB murah, mulai Rp 100.000an.

STB pabrikan Advan ini sudah dilengkapi dengan DVB-T2 dan mendukung digunakan pada resolusi Full HD (1080p). Kemudian, Advan Digipro juga dibekali dengan fitur konektivitas lain berupa port USB dan HDMI. Harga STB ini adalah Rp 144.000.

Luby Digitant memiliki fitur utama receiver DVB-T2. Selain itu, terdapat pula fitur konektivitas lain seperti dukungan port USB 2.0, port HDMI, dan port WiFi Dongle (receiver WiFi). Harga STB ini adalah Rp 160.000.

Matrik Apple Kuning mendukung fitur DVB-T2 untuk menonton siaran TV digital pada TV analog biasa. STB ini telah dilengkapi dengan fitur konektivitas port USB, HDMI, dan WiFi Dongle. Matrix Apple Kuning dijual seharga Rp 188.000

Keempat, ada Polytron PDV 600 T2. STB dari Polytron ini juga telah dibekali dengan fitur DVB-T2, serta fitur konektivitas lain seperti port HDMI dan port USB. Polytron PDV 600 T2 dijual seharga Rp 200.000.

Jenis STB yang telah didukung DVB-T2 berikutnya adalah Evercoss STB Pro. Selain DVB-T2, STB pabrikan Evercoss ini juga telah dibekali dengan fitur WiFi Dongle, sehingga bisa dibuat untuk mengakses aplikasi YouTube bawaan. Harga STB ini adalah Rp 219.000.

Itulah daftar harga STB murah dari berbagai merek, mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000-an. Sebagai informasi tambahan, daftar harga di atas bersumber langsung dari beberapa toko di Tokopedia, yang mungkin bisa berubah sewaktu-waktu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/06/16150037/5-stb-murah-buat-nonton-siaran-tv-digital-mulai-rp-100000-an

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.