Salin Artikel

Setelah Galaxy Z Fold 4, Ponsel Lipat Lawas dan Tablet Samsung Bakal Kebagian Android 12L

Samsung pertama kali menyertakan OS Android 12L berbasis antarmuka OneUI 4.1 secara bawaan pada ponsel lipat Galaxy Z Fold 4 yang dirilis pada Agustus lalu.

Berkat OS Android 12L, Galaxy Z Fold 4 hadir dengan sejumlah fitur-fitur baru. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah adanya fitur taskbar di sisi tengah bawah layar.

Tampilan taskbar tersebut mirip seperti di antarmuka iPadOS dan mode Samsung DeX di tablet Samsung.

Fitur taskbar tersebut semula absen di ponsel Galaxy Z Fold 3. Namun, ponsel lipat yang dirilis pada 2021 itu bakal kebagian fitur taskbar dalam waktu dekat.

Pasalnya, menurut laporan outlet media XDADeveloper, Samsung sudah mulai menggulirkan pembaruan antarmuka OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L untuk ponsel lipat Galaxy Z Fold 3.

Artinya, Galaxy Fold 3 juga bakal kebagian fitur taskbar seperti yang ada di Galaxy Z Fold 4 dalam waktu dekat.

Ponsel lipat Samsung generasi yang lebih lama macam Galaxy Z Fold 2 (2020) dan Galaxy Fold (2019) juga disebut bakal menerima update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L.

Menurut laporan XDADevelopers, update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L sudah mulai digulirkan ke lini tablet teranyar Samsung Galaxy Tab S8 Series meliputi Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S8 Plus, dan Galaxy Tab S8 Ultra pada akhir Agustus lalu.

Di samping itu, Samsung Galaxy Tab S7 Series juga bakal dapat update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L baru-baru ini.

Menurut laporan outlet media SamMobile, pembaruan OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L untuk Galaxy Tab S7 "reguler" hadir dengan versi firmware T870XXU2CVH3. Sedangkan pembaruan untuk Galaxy Tab S7 Plus mengusung versi firmware T970XXU2CVH3.

Pembaruan OneUI 4.1.1 pada Galaxy Tab S8 Series disebut baru tersedia di wilayah Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan. Sementara update OneUI 4.1.1 di perangkat Galaxy Tab S7 Series baru tersedia di Prancis dan Korea Selatan.

Penggelontoran update software biasanya dilakukan secara bertahap. Dengan begitu, perangkat Galaxy Tab S8 Series dan Galaxy Tab S7 Series di negara lain agaknya baru akan mendapatkan update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L dalam beberapa hari ke depan.

Apabila sudah melakukan update OneUI 4.1.1, pengguna Galaxy Tab S8 Series dan Galaxy Tab S7 Series bakal bisa menikmati fitur taskbar secara langsung, tanpa perlu mengubah antarmuka tablet ke mode Samsung DeX.

Selengkapnya, berikut daftar perangkat Samsung yang bakal mendapatkan update sistem operasi Android 12L:

  • Samsung Galaxy Z Fold 3
  • Samsung Galaxy Z Fold 2
  • Samsung Galaxy Fold 
  • Samsung Galaxy Tab S8
  • Samsung Galaxy Tab S8 Plus
  • Samsung Galaxy Tab S8 Ultra
  • Samsung Galaxy Tab S7
  • Samsung Galaxy Tab S7 Plus

Kendati begitu, tidak ada jadwal pasti terkait penggelontoran update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L ke perangkat di atas. Namun, pengguna bisa mengecek ketersediaan secara berkala dengan membuka "Settings" > "Software Update", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Selasa (6/9/2022).

Pengembang Android, Google pertama kali merilis OS Android 12L versi stable pada Maret lalu ke sejumlah HP bikinannya, yaitu Google Pixel. 

Dengan Android 12L, Google pun menyempurnakan tampilan notifikasi, Quick Settings, Lock Screen, Overview, dan juga desain Home Screen untuk perangkat berlayar besar. Misalnya, ada fitur taskbar tadi sehingga pengguna bisa beralih antaraplikasi yang sedang digunakan dengan mudah dan cepat.

Google juga menyempurnakan tampilan notifikasi dan quick settings yang kini ditampilkan dalam format dua kolom, seperti gambar di atas. Kolom di sebelah kiri khusus untuk quick settings (internet, bluetooth, dark theme, setting, dsb) serta kolom di sebelah kanan khusus notifikasi.

Lalu, antarmuka setting juga hadir dalam versi dua kolom. Jadi, pengguna tidak perlu repot bolak-balik ke menu awal setting untuk mengakses pengaturan lainnya.

Android 12L turut membawa dukungan fitur split screen. Sesuai namanya, fitur ini bisa membagi tampilan layar untuk membuat dua jendela aplikasi atau lebih.

Mode split screen di Android 12L juga diklaim Google kini menjadi lebih efisien. Pengguna hanya cukup menarik (drag) dan melepas (drop) jendela aplikasi dari taskbar ke layar untuk menjalankannya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/06/18020017/setelah-galaxy-z-fold-4-ponsel-lipat-lawas-dan-tablet-samsung-bakal-kebagian

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.