Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Dynamic Island, "Poni" Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

Dari keempatnya, dua model "Pro" kini hadir dengan desain yang lebih segar dan menarik. Pasalnya, Apple melakukan perombakan besar untuk desain poni (notch) di layar iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Sekarang, duo iPhone 14 versi "Pro" itu memiliki poni berbentuk menyerupai pil atau oval. Poni tersebut terlihat "mengambang" di layar bagian atas ponsel. Apple menyebut notch baru pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max itu sebagai "Dynamic Island".

Dengan begitu, Dynamic Island resmi menggantikan desain poni "menempel" yang sudah menjadi ciri khas iPhone sejak perilisan iPhone X (2017) hingga terakhir iPhone 13 Series (2021).

Poni Dynamic Island tersebut menampung komponen Face ID dan kamera depan TrueDepth 12 MP (f/1.9).

Berkat dukungan chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16, Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya, aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

Animasi yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna. Sehingga, bentuk Dynamic Island bakal bisa melebar bahkan memunculkan animasi "lingkaran" baru di samping poni.

Ketika animasi ditekan lama, pengguna bakal melihat informasi musik yang sedang diputar lengkap dengan menu pengaturan untuk musik (next, previous, stop).

Lalu, bentuk pil Dynamic Island juga bakal "meluas" hampir memenuhi layar bagian atas ketika ada notifikasi panggilan masuk. Dari situ, pengguna bisa mengetahui penelepon dan ada opsi menolak atau menerima panggilan.

Ketika menggunakan aplikasi maps, penguna juga bisa melihat informasi navigasi langsung dari Dynamic Island.

Ketika pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di background, misalnya memutar musik dan menyalakan timer, maka Dynamic Island bakal menampilkan animasi pil memanjang untuk musik dan animasi lingkaran untuk timer.

Pengguna selalu bisa menekan animasi tersebut untuk melihat lebih banyak opsi atau kembali ke aplikasi utamanya.

Tak hanya aplikasi bawaan, Dynamic Island juga bisa bekerja untuk menampilkan animasi dari aplikasi pihak ketiga. Misalnya, seperti aplikasi skor olahraga hingga aplikasi ride-hailing.

Dynamic Island juga bakal memunculkan animasi untuk beberapa alert dan pemberitahuan, seperti ketika iPhone pengguna terhubung ke AirPods, ketika ponsel diubah ke mode diam (silent), serta ketika iPhone dicas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Apple, Kamis (8/9/2022).

Fitur Dynamic Island ini hanya tersedia eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Selain Dynamic Island, duo model iPhone "Pro" ini juga akhirnya dibekali fitur Always-On Display.

Spesifikasi lengkap iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max bisa dibaca selengkapnya melalui artikel berikut, sementara harga keduanya bisa disimak melalui artikel ini.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, berikut KompasTekno sertakan beberapa video ilustrasi cara kerja poni interaktif Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/08/11300007/mengenal-dynamic-island-poni-baru-di-iphone-14-pro-dan-14-pro-max

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke