Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online via WhatsApp PANDAWA dan Syaratnya

KOMPAS.com - Bisakah daftar BPJS Kesehatan lewat WhatsApp? Pendaftaran peserta program jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan kini bisa dikatakan cukup mudah lantaran masyarakat tak perlu repot datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online dari rumah lewat beberapa cara. Daftar BPJS Kesehatan online salah satunya bisa dilakukan melalui WhatsApp dengan memanfaatkan layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp).

Untuk diketahui, PANDAWA merupakan salah satu layanan dari BPJS Kesehatan untuk mengurus beberapa keperluan administrasi, contohnya seperti pendaftaran peserta baru. Layanan online tersebut bisa dihubungi di nomor WhatsApp “08118165165”.

Lantas, bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan via WhatsApp? Sebelum beranjak untuk mengetahui caranya, ada baiknya telah memahami terlebih dahulu syarat daftar BPJS Kesehatan yang dibutuhkan. Lalu, apa saja persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan.

Syarat daftar BPJS Kesehatan dibedakan berdasar kategori peserta, yang meliputi peserta dengan kategori PPU (Pekerja Penerima Upah) dari golongan PNS, TNI, atau Polri, kategori PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) atau Mandiri, dan kategori Warga Negara Asing.

Dikutip dari keterangan resmi dalam layanan PANDAWA di WhatsApp, dari ketiga kategori peserta tersebut, adapun rincian syarat daftar BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut.

Syarat daftar BPJS Kesehatan

PNS/Polri/TNI

  • File/Foto KK
  • File/Foto SK Pengangkatan Terakhir
  • File/Foto Daftar Slip Gaji terakhir yang mencantumkan gapok dan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum, tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja atau tunjangan tambahan penghasilan bagi PNS Daerah
  • File/Foto Penetapan pengadilan untuk anak angkat (jika belum tercantum dalam Kartu Keluarga)
  • File/Foto Surat keterangan sekolah/perguruan tinggi (untuk anak PPU 1-3 yang berusia lebih dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun)

Warga Negara Asing

  • File/Foto KK
  • File/Foto KITAS/KITAP asli
  • File/Foto Surat izin kerja/berusaha atas resiko sendiri yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang
  • File/Foto buku tabungan

PBPU/Mandiri

  • File/Foto KK
  • File/Foto buku tabungan

Itulah syarat daftar BPJS Kesehatan seusai dengan kategori peserta. Seandainya telah mempersiapkan syarat-syarat di atas, berikut adalah penjelasan mengenai cara daftar BPJS Kesehatan via WhatsApp.

Jadi, bila hendak melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan lewat WhatsApp PANDAWA, pastikan  di waktu operasional tersebut. Demikianlah penjelasan seputar cara daftar BPJS Kesehatan via WhatsApp dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/11/18150097/cara-daftar-bpjs-kesehatan-online-via-whatsapp-pandawa-dan-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke