Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AMD Ubah Skema Penamaan Baru untuk Prosesor Mobile Tahun Depan

KOMPAS.com - AMD mengumumkan sistem penamaan baru untuk prosesor mobile buatannya. Skema penamaan baru ini masih akan mirip seperti sebelumnya, yaitu terdiri dari empat angka disertai dengan setidaknya satu huruf.

Namun angka yang digunakan akan memudahkan khalayak dalam memahami performa prosesor yang ditawarkan. Yang jelas, di atas kertas, semakin tinggi angkanya, mewakili performa yang semakin kuat.

"Sistem penomoran baru ini merupakan dasar bagaimana kami akan menamai dan menomori prosesor mobile kami untuk tahun-tahun mendatang, dan kami telah mengujinya dalam jangka waktu lima tahun," kata AMD dikutip dari laman komunitas AMD, Sabtu (10/9/2022).

Kami berharap sistem baru ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik bagi semua orang terkait apa yang ada dalam prosesor kami," jelas AMD.

Menurut skema penamaan baru, angka pertama akan menunjukkan tahun prosesor dirilis. Contohnya, prosesor mobile AMD 7000 series akan dirilis pada tahun 2023. Jadi, prosesor mobile AMD yang diawali angka "7" menunjukkan bahwa komponen tersebut dirilis tahun 2023.

Hal itu sesuai dengan tahun portofolio AMD, di mana prosesor yang dirilis tahun 2023-2025 akan diawali angka "7" untuk penamaanya.

Angka kedua menunjukkan segmen pasar yang dibidik oleh chip terkait, mulai dari angka "1" mewakili Athlon Silver hingga "9" mewakili Ryzen 9. Artinya, segmen pasar ini mewakili level masing-masing prosesor.

Misalnya, Athlon Silver mewakili prosesor untuk segmen entry-level, hingga Ryzen 9 yang mewakili segmen high-end. Namun AMD menerapkan pemaknaan ganda, misalnya untuk angka 8 yang bisa diartikan merujuk pada Ryzen 7 atau Ryzen 9.

Angka ketiga menunjukkan arsitektur prosesor terkait. Misalnya angka 1 yang merujuk ke arsitektur Zen 1 atau angka 4 yang merujuk ke Zen 4 dan seterusnya.

Angka terakhir bertujuan untuk membedakan prosesor dengan arsitektur yang sama. Jadi misalnya AMD merilis chip baru, namun terdiri dari beberapa varian yang berbeda arsitekturnya. Nah, angka terakhir berguna untuk mengidentifikasi perbedaannya.

Angka terakhir diidentifikasi berdasarkan dua angka yaitu "0" dan "5". Angka 0 menunjukkan bahwa prosesor terkait merupakan model terendah, sedangkan angka 5 menunjukkan model tertinggi.

Sementara itu, huruf yang berada pada skema penamaan prosesor mobile AMD menunjukkan Thermal Design Power (TDP), yaitu jumlah daya maksimum untuk pendingin dalam komputer.

Untuk menunjukkan TDP pada chip mobilenya, AMD menggunakan huruf HX, HS, U, C serta e. Huruf HX menunjukkan TDP pada chip terkait sampai 55 watt atau lebih tinggi, sedangkan huruf "e" menunjukkan TDP yang lebih kecil yaitu 9 watt.

Perubahan ini akan mulai berlaku untuk prosesor mobile AMD yang dirilis tahun 2023 dan seterusnya, termasuk AMD 7000 series yang bakal rilis tahun depan dan 8000 series yang akan diluncurkan pada tahun 2024, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Toms Hardware, Senin (12/9/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/12/15000047/amd-ubah-skema-penamaan-baru-untuk-prosesor-mobile-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke