Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyaksikan Jet Tempur Rafale "Menyusu" di Atas Selat Sunda

Operasi ini merupakan bagian dari misi Pegase 2022 Armee De L'air (AU Perancis) di Asia Pasifik, dalam kunjungannya ke bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, setelah mengikuti latihan gabungan Pitch Black 2022 di Australia.

Demonstrasi pengisian bahan bakar di udara tersebut menggunakan metode drogue and probe, yaitu selang bahan bakar yang dijulurkan dari pesawat tanker, kemudian diterima oleh probe yang ada di pesawat tempur.

Meski A330 MRTT milik AU Perancis juga memiliki flying boom di ekornya, namun, metode drogue and probe di sayap digunakan sesuai dengan jenis pesawat yang diisi, yaitu Rafale yang memiliki probe pengisian bahan bakar di hidung pesawat.

Dalam demonstrasi pengisian bahan bakar udara-ke-udara yang dilakukan di atas Selat Sunda, satu unit Rafale terlihat terbang mendekat di sisi kiri pesawat.

Rombongan jurnalis yang turut menyaksikan dari dalam kabin A330 MRTT, termasuk KompasTekno, bisa menyaksikan jet tempur Rafale terbang mendekat hingga ke belakang sayap A330 yang sedang kami tumpangi.

Perlahan pilot tempur menyamakan ketinggian dan kecepatan, lalu mengarahkan probe yang berada di hidung kanan Rafale, "menyusu" bahan bakar yang disalurkan lewat drogue.

Tanker untuk TNI AU

Bagi Indonesia, terlebih TNI AU, keberadaan pesawat tanker sangat penting, mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas daratan dan lautan yang luas.

Pesawat tanker memungkinkan pesawat tempur terbang nonstop tanpa harus berhenti di suatu tempat untuk mengisi bahan bakar.

TNI AU saat ini memiliki pesawat tanker yang dimodifikasi dari pesawat C130 Hercules. Pada 2021 lalu, pesawat tanker seperti KC-130 dan A330 MRTT ini juga ramai disebut akan diakuisisi oleh pemerintah Indonesia.

Namun pada November 2021, Kementerian Pertahanan mengumumkan tengah memesan dua pesawat Airbus A400M yang memiliki konfigurasi multiperan tanker dan angkut.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, A400M merupakan pesawat multiperan yang akan meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU. Pesawat ini akan memiliki peran penting dalam berbagai misi seperti terjun payung dan transportasi kargo besar.

"Kami juga sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat, terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus," kata Prabowo dikutip dari Kompas.com.

Menurut Prabowo, di samping kemampuan tanker dan taktisnya, Airbus A400M akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana.

Akuisisi 6 Rafale

Indonesia sendiri secara resmi mengakuisisi enam pesawat tempur Dassault Rafale produksi Dassault Aviation asal Perancis, setelah Kementerian Pertahanan melakukan penandatanganan pembelian pesawat tempur itu dengan perwakilan Dassault Aviation pada Februari 2022.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Secara keseluruhan, Indonesia berencana memboyong 42 jet Rafale. Prabowo mengatakan, 36 unit Rafale sisanya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Penandatangan kontrak enam unit tersebut juga sepaket dengan adanya dukungan latihan persenjataan dari Perancis.

"(Termasuk) dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan," imbuh Prabowo.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/13/15000007/menyaksikan-jet-tempur-rafale-menyusu-di-atas-selat-sunda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke