Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Semua iPhone Kebagian Fitur Persentase Baterai iOS 16

Salah satu fitur yang cukup ditunggu-tunggu adalah persentase daya baterai yang muncul di dalam ikon baterai. Pasalnya, fitur tersebut mulai dihapus Apple sejak iPhone X meluncur pada 2017 lalu.

Meski fitur persentase daya baterai kembali lagi lewat iOS 16, Apple mengungkap fitur ini tidak digulirkan ke semua model iPhone. Setidaknya ada empat model iPhone yang tidak akan melihat kebaruan fitur ini, yakni:

  • iPhone XR
  • iPhone 11 “reguler”
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 13 Mini

Alasan fitur persentase baterai tersebut absen di keempat model iPhone di atas tidak dirincikan lebih lanjut oleh Apple. Padahal, fitur tersebut masuk dalam daftar dari fitur yang paling diinginkan oleh penggunna iPhone.

Terlepas dari hal tersebut, di tampilan iOS 16, angka persentase baterai terletak di dalam ikon baterai guna mempermudah pengguna memantau daya yang tersisa di iPhone.

Apabila ponsel mengaktifkan mode daya rendah (lower mode), baterai yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi kuning.

Tampilan baterai akan berubah juga ketika pengguna mengisi daya. Ikon baterai yang berwarna hijau itu akan muncul dengan simbol listrik di sebelah kanan angka persentase.

Tampilan ini tidak diatur secara default oleh Apple. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus terlebih melalukan beberapa langkah singkat.

Lalu, pengguna juga dapat menyalin teks dan video yang dijeda (pause), berbagi foto via iCloud, Apple Pay Later, menggunakan pemindai wajah (FaceID)/TouchID untuk mengautenfifikasi akun di situs/web.

Fitur lainnya adalah “Share Tab Group” yang memungkinkan pengguna membagikan tab peramban di Safari yang tengah dibuka pengguna lain. Lalu, mengirim email yang terjadwal layaknya fitur Gmail, membatalkan hingga mengubah pesan yang sudah dikirim.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/14/19300067/tak-semua-iphone-kebagian-fitur-persentase-baterai-ios-16

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke