Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Fitur Enco Live di TWS Oppo Enco Buds 2 untuk Dengarkan Musik Rock dan Pop

Tampil sebagai pendatang baru, TWS ini menawarkan beragam peningkatan dibanding pendahulunya, Oppo Enco Buds, yang terlebih dahulu meluncur di Tanah Air April 2021 lalu.

Berdasarkan fungsinya, Enco Buds 2 bisa digunakan pada deretan smartphone Android dan iOS.

Kendati demikian, Enco Buds2 akan bekerja lebih optimal bila dipasangkan dengan smartphone Oppo, salah satunya Oppo Reno 8 5G.

Ketika dihubungkan pada smartphone Oppo, pengguna Enco Buds 2 bisa secara otomatis menggunakan fitur Enco Live.

Enco Live merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa memilih preferensi keluaran suara dengan bass yang lebih mendalam atau audio vokal yang jernih.

Fitur ini menawarkan tiga opsi preferensi audio, yang terdiri dari "Original Sound", "Bass Boost", dan "Clear Vocals".

Tidak hanya bisa digunakan pada HP Oppo, fitur Enco Live yang ada di Oppo Enco Buds2 juga bisa diaktifkan di HP Android selain Oppo.

Kendati demikian, fitur Enco Live hanya bisa diakses menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama HeyMelody yang bisa di-download secara gratis di Google Play Store.

Untuk membuktikan performa Oppo Enco Buds2, KompasTekno berkesempatan menjajal fitur Enco Live yang ada di Oppo Enco Buds 2 dan menghubungkannya ke smartphone Oppo Reno 8 5G.

Menjajal fitur Enco Live di Oppo Enco Buds 2

Ketika digunakan, Enco Buds 2 akan secara otomatis diatur dalam pengaturan mode Original Sound.

Pada mode ini, audio yang dikeluarkan lewat Enco Buds 2 akan bersifat netral, tidak akan dipengaruhi oleh efek khusus apa pun.

Sementara itu, mode Bass Boost akan menyebabkan karakter suara bass yang dihasilkan lewat TWS menjadi lebih dominan.

Mode Bass Boost di Enco Live bisa dipilih bagi pengguna yang gemar mendengarkan lagu Rock atau aliran lagu lain yang memiliki karakter suara bass yang mendominasi.

Demi menguji kemampuan bass yang dihasilkan, KompasTekno mencoba mendengarkan video YouTube berjudul "Ultra Deep Bass Test".

Hasilnya, suara bass yang terdapat dalam video Ultra Deep Bass Test terdengar lebih jelas saat mode Bass Boost diaktifkan. Efek bass yang dihasilkan cukup memuaskan tanpa terlalu menusuk telinga.

Saat mendengarkan lagu "Orion" yang dipersembahkan band Metallica, suara bass yang dihasilkan Oppo Enco Buds 2 juga tidak pecah, meski masih belum mampu memberikan pengalaman "surround effect".

Sebaliknya, mode Clear Vocal bisa dipilih untuk menonjolkan suara vokal dari lagu-lagu populer. KompasTekno mencoba mendengarkan lagu "Dunia Tipu-tipu" yang dibawakan oleh Yura Yunita.

Ketika mode Clear Vocal diaktifkan, lirik lagu yang dinyanyikan menjadi lebih terdengar. Suara penyanyi juga menjadi lebih jelas dan sedikit mendominasi lantunan alat musik yang mengiringi lagu.

Nah, fitur Enco Live yang tersedia di Enco Buds2 bisa diakses melalui langkah-langkah berikut:

Anda dapat memilih opsi Bass boost jika ingin mendengarkan lagu bergenre Rock yang memiliki karakter suara bass yang mendominasi.

Lalu, opsi Clear vocal bisa dipilih jika ingin mendengarkan lagu-lagu dengan vokal yang khas, misalnya lagu bergenre Pop. Anda juga bisa memilih mode Original Sound, jika ingin mendengarkan musik apa adanya, tanpa perlu menonjolkan efek khusus.

Seperti disebutkan di awal, fitur Enco Live ini juga bisa digunakan di perangkat Android lain, selain Oppo dengan bantuan aplikasi HeyMelody. Berikut caranya:

Pada tutorial di atas, KompasTekno menggunakan smartphone Xiaomi Mi 10 yang menjalankan sistem operasi Android 12 yang berlapis antarmuka MIUI 13.

Bisa jadi, caranya agak sedikit berbeda di smartphone Android lain dengan sistem antarmuka yang berbeda. Namun, kemungkinan besar langkah-langkahnya hampir sama.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/15/12450067/menjajal-fitur-enco-live-di-tws-oppo-enco-buds-2-untuk-dengarkan-musik-rock-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke