Salin Artikel

Laptop Asus Zenbook 14X Space Edition Punya Layar Mini di Punggung, Apa Fungsinya?

Sesuai dengan namanya, laptop ini memiliki desain bernuansa luar angkasa. Salah satu fitur yang paling menarik dari laptop ini adalah hadirnya layar mini di bagian punggung laptop, atau di balik layar utama Asus Zenbook 14X Space Edition.

Layar yang disebut ZenVision itu dibekali panel OLED berukuran 3,5 inci. Namun, layar tersebut dibuat monokrom alih-alih berwarna, sehingga tampilannya seolah bernuansa luar angkasa.

Menurut Darien Theodric, PC Country Product Manager Asus Indonesia, layar ini berguna untuk menampilkan beragam informasi.

"Dengan display monokrom yang terletak di depan muka laptop, ZenVision memberikan kita kesempatan untuk berkoneksi dengan sekitar kita dan menunjukkan siapa diri kita sebenarnya," ujar Darien, dalam peluncuran Asus Zenbook 14X Space Edition di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Ia juga menjelaskan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan pengguna pada layar ZenVision, mulai dari memilih tema animasi sampai menyematkan teks yang bisa di-custom.

1. Tema animasi

Asus menyediakan beragam tema dalam format animasi yang dapat dipilih pengguna untuk menghias layar ZenVision. Temanya sendiri bernuansa luar angkasa, menyesuaikan konsep laptop Zenbook 14X Space Edition.

2. Bikin "status" layaknya medsos

Pengguna juga bisa menyematkan teks apapun sesuai keinginan. Fungsi ini semacam "status" di media sosial, yang bisa diubah oleh pengguna kapan saja melalui aplikasi MyAsus.

3. Jam dan status baterai

Layar ZenVision juga bisa menampilkan waktu serta status baterai laptop. Dengan posisi layar mini yang berada di muka laptop, pengguna bisa melihat status baterai laptop, utamanya ketika baterai hampir habis.

Dengan begitu, pengguna juga bisa bergegas mengisi daya laptop. Selain itu, informasi jam yang ditampilkan juga akan berguna bila pengguna tidak sedang berada di dekat perangkat, namun, perlu mengetahui waktu yang berjalan.

4. Menulis identitas

Menurut Darien, saat ini merupakan zaman di mana orang-orang terhubung dengan orang lainnya. Untuk itu, layar ZenVision juga memungkinkan pengguna untuk berbagi e-mail, atau kode QR.

Selain di layar monokromnya, tema luar angkasa juga diterapkan Asus di layar utama Zenbook 14X Space Edition. Selain itu, desain laptop juga dibuat dengan nuansa luar angkasa baik pada muka laptop maupun bodi dalamnya.

Begitu pula dengan kemasan laptop yang dibuat unik dengan nuansa antariksa, lain dengan kemasan laptop pada umumnya.

Asus Zenbook 14X Space Edition sendiri sudah tersedia di Indonesia dalam dua model. Secara umun spesifikasinya serupa. Perbedaannya adalah konfigurasi prosesor serta RAM yang diusung setiap modelnya.

Spesifikasi dan harga Asus Zenbook 14X Space Edition bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Asus Zenbook 14X hadir dengan fitur unggulan seperti layar sekunder panel OLED monokrom berukuran 3,5 inci di balik layara utama laptop. Tak hanya itu, laptop ini juga menawarkan ketangguhan dengan sertfikasi ketahanan militer AS (MIL-STD 810H).

Selain itu, laptop ini juga lolos uji ketahanan dari Space System Command (SMC-S-016A). Dengan sertifikasi tersebut, Zenbook 14X Space Edition diklaim dapat bertahan di lingkungan dengan suhu -24 derajat celcius hingga 61 derajat celcius, serta tahan terhadap guncangan ekstrem berfrekuensi 20 - 2.000 Hz.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/15/19150027/laptop-asus-zenbook-14x-space-edition-punya-layar-mini-di-punggung-apa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.