Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fitur Baru Safari iOS 16, Termasuk Bisa Translate Website ke Bahasa Indonesia

KOMPAS.com - Pengguna iPhone kini sudah bisa update iOS 16 untuk menjajal berbagai fitur-fitur barunya. Dengan iOS 16, iPhone dibekali dengan berbagai fitur baru yang tersebar di beberapa lini, mulai dari lock screen hingga di aplikasi browser Safari.

Di Safari iOS 16, setidaknya terdapat empat fitur baru yang menarik buat dicoba. Salah satunya seperti fitur yang memungkinkan pengguna buat menerjemahkan website berbahasa asing ke bahasa Indonesia.

Bila tertarik untuk melihat lebih lengkap fitur baru Safari iOS 16, berikut KompasTekno rangkumkan daftarnya.

Fitur translate website Safari itu sebetulnya sudah hadir sebelum iOS 16. Namun, kala itu Safari belum bisa dipakai buat menerjemahkan website ke bahasa Indonesia. Baru di iOS 16, Safari dibekali fitur penerjemahan website berbahasa asing ke bahasa Indonesia.

Supaya bisa translate website ke bahasa Indonesia di Safari iPhone iOS 16, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal buka website bahasa asing di Safari, lalu klik ikon “Aa” yang terdapat di sebelah kiri kolom URL.

Setelah itu, pilih opsi “Terjemahkan ke Indonesia” dan Safari bakal otomatis menerjemahkan website itu ke bahasa Indonesia. Fitur Penerjemahan website ke bahasa Indonesia ini bergantung dari pengaturan bahasa yang dipakai di iPhone.

Untuk mengatur bahasa yang dipakai di iPhone, caranya buka menu “Settings” di layar “Home”. Lalu, pilih menu pengaturan “Umum” dan klik opsi “Bahasa dan Wilayah”. Di opsi itu, pilih “Bahasa Indonesia” agar bisa translate website ke bahasa Indonesia di Safari.

2. Menyematkan tab (pin tab)

Di iOS 16, Safari juga dibekali dengan kemampuan untuk menyematkan (pin) tab yang terbuka agar berada di daftar teratas. Caranya silakan tekan lama pada tab di Safari dan pilih opsi “Pin”.

Di Safari iPhone iOS 16, beberapa tab yang dibuka kini tidak hanya bisa dikelompokkan menjadi satu grup, tapi juga dapat untuk dibagikan (share) ke pengguna lain yang memiliki Apple ID atau akun iCloud.

Fitur shared tabs group di Safari ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengelola bersama grup tab dengan pengguna lain. Pengguna bisa mengirim undangan untuk mengelola grup tab Safari bersama ke pengguna lain via iMessage.

Untuk mengakses fitur ini, caranya klik ikon dua persegi yang berada di pojok kanan bawah Safari untuk membuka daftar tab. Setelah itu, pilih opsi untuk membuat grup tab dengan klik “+ Grup Tab Baru”. Lalu, tekan lama grup tab yang baru dibuat dan pilih opsi “Bagikan”.

4. Background di halaman awal grup tab bisa diubah

Dengan iOS 16, background di halaman awal tab pada grup tab Safari kini bisa diubah. Caranya cukup buka halaman awal di grup tab dan klik opsi “Edit”, lalu pilih background sesuai keinginan. Background itu bakal diterapkan di semua halaman awal grup tab.

Itulah daftar fitur baru Safari iOS 16. Penting untuk diketahui, fitur baru Safari tersebut hanya bisa diakses pada iPhone iOS 16. Bila belum update iOS 16, caranya silakan baca di artikel ini “2 Cara Update iOS 16”.

Sebagai informasi tambahan, selain terdapat pembaruan di Safari, iOS 16 juga membawa fitur-fitur terbaru di berbagai sektor. Lantas, apa saja fitur iOS 16? Untuk lebih lengkapnya, silakan baca di artikel ini “Daftar 30 Fitur Baru iOS 16”.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/15/19300067/4-fitur-baru-safari-ios-16-termasuk-bisa-translate-website-ke-bahasa-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke