Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memotret dengan Kamera Oppo Reno 8 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Ponsel yang dibanderol seharga Rp 8 juta (8/256 GB) ini mengunggulkan sektor kamera. Lantas, sebagagus apa hasil foto kamera Oppo Reno 8 5G?

Sebelumnya, perlu diketahui dulu, Oppo menyematkan dua sensor flagship (kelas atas) rancangan Sony di ponsel ini, yaitu sensor Sony IMX766 beresolusi 50 MP (f/1.8) pada kamera belakang utamanya dan sensor Sony IMX709 beresolusi 32 MP (f/2.4) pada kamera depannya.

Kamera utama 50 MP tersebut juga dibekali "All Pixel Omni-directional PDAF", sebuah fitur yang juga terdapat pada kamera ponsel flagship Oppo Find X2.

Sederhananya, teknologi tersebut bakal membuat kamera Oppo Reno 8 5G mengatur fokus lebih cepat dan jepretan di kodisi minim cahaya juga lebih baik.

Dari pengalaman KompasTekno saat menjajal fitur tersebut, secara keseluruhan, foto yang dihasilkan dari kamera Oppo Reno 8 5G ini terbilang bagus, baik ketika digunakan memotret di kondisi cukup cahaya atau minim cahaya (lowlight).

Sebenarnya dengan mode normal, kamera utama tersebut mampu menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Namun, Oppo menyediakan dua mode tambahan bagi pengguna yang ingin memaksimalkan ketajaman pada foto. Dua mode tersebut adalah mode resolusi penuh 50 MP dan mode XHD.

Bila dibandingkan dengan mode normal, mode resolusi penuh 50 MP memang memberikan hasil foto yang lebih terang dan tajam.

Namun perlu dicatat, mode 50 MP ini hanya tersedia katike pengguna memotret menggunakan kamera utama dengan rasio aspek 4:3 saja. Fitur ini tidak tersedia di rasio aspek lainnya dan tidak tersedia untuk pemotretan dengan kamera depan.

Bila menggunakan mode XHD, sepengalaman KompasTekno, foto memang menjadi sangat tajam dibandingkan dengan mode normal atau 50MP, seperti gambar di bawah ini.

Pengguna pun perlu menyesuaikan angle pemotretan atau mengatur arah cahaya saat akan menjepret di bawah sinar matahari terik.

Sebenarnya, ponsel ini tidak dibekali dengan kamera telefoto. Namun, Oppo tetap menyertakan opsi zoom hingga 20x. Zoom dilakukan lewat pembesaran digital dari kamera utama.

Ketika dijajal, fitur zoom ini menghasilkan hasil foto yang baik, setidaknya hingga perbesaran 5x. Saat menggunakan digital zoom 10x atau 20x, hasil foto sudah terlihat buram.

Saat malam hari, kamera utama ponsel ini dalam mode normal sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang baik.

Namun, pengguna bisa menggunakan fitur night mode untuk membuat hasil foto di kondisi cahaya minim jauh lebih tajam, detail, dan terang, seperti gambar di bawah.

Perlu dicatat, saat memotret dengan fitur night mode, pengguna harus memegang ponsel dalam posisi yang stabil. Karena gerakan sedikit saja akan membuat hasil menjadi goyang atau bahkan blur.

Kamera ultrawide dan makro

Selain kamera 50 MP, Oppo Reno 8 5G dibekali dengan dua kamera lain yang juga dapat digunakan untuk memotret foto sesuai dengan jenisnya.

Misalnya, pengguna bisa menggunakan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, 112 derajat, sensor Sony IMX355)untuk memotret gambar dengan bidang pandang yang lebih luas dibanding kamera utamanya.

Hasil jepretan dari kamera ultrawide ternyata terbilang bagus, termasuk saat malam hari. Kamera ultra wide tetap bisa menangkap warna dan detail objek sehingga menghasilkan hasil jepretan yang baik.

Bagi pengguna yang suka memotret objek berukuran kecil dari jarak dekat, Oppo Reno 8 5G dilengkapi dengan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Kamera ini memungkinkan pengguna menjepret objek dengan sedekat 4 cm untuk mendapatkan detail yang lebih baik.

Hasil jepretan menggunakan fitur super macro ini terbilang tajam dan detail, seperti foto di bawah ini.

Oppo Reno 8 5G sedianya tidak dibekali kamera depth sensor. Namun, pengguna tetap bisa memotret objek dengan efek bokeh (blur di latar belakang foto) menggunakan mode potrait, baik pada kamera belakang maupun kamera depan.

Hasilnya jepretan menggunakan mode potrait juga terbilang bagus dan tajam.

Sepengalaman KompasTekno, pengguna bisa mengatur intensitas efek blur di latar belakang subjek foto.

Caranya dengan mengatur bukaan lensa ke angka paling besar f/16 untuk latar belakang tidak blur, hingga angka paling kecil f/1.4 untuk mendapatkan latar belakang yang sangat blur.

Hal tersebut tentu memberikan kemudahan untuk pengguna mengatur efek bokeh sesuai keinginannya.

Saat dicoba, kamera selfie 32 MP (f/2.2) itu menghasilkan hasil foto yang terang, detail, dan tajam. Entah itu di dalam atau di luar ruangan, serta dalam cahaya cukup atau minim sekalipun.

Saat selfie, ada pula fitur "Retouch" yang dapat digunakan untuk mempercantik wajah, mulai dari mengatur kehalusan kontur muka (skin texture), meniruskan pipi, memperbesar bola mata, hingga mengecilkan hidung.

Nah, deretan hasil jepretan kamera Oppo Reno 8 5G selengkapnya dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut ini.

Sedangkan spesifikasi lengkap sekaligus ulasan unboxing dan hands-on dari ponsel ini dapat disimak melalui artikel bertajuk "Membuka Kotak dan Menjajal Oppo Reno 8 5G yang Dijual Rp 8 Juta".

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/16/19000017/memotret-dengan-kamera-oppo-reno-8-5g-sebagus-apa-hasilnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke