Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asus ROG Phone 6D Resmi Meluncur dengan Chip Mediatek

KOMPAS.com - Asus telah merilis ponsel gaming ROG Phone 6 dan 6 Pro dengan chipset Qualcomm. Kini, vendor ponsel Taiwan itu merilis varian ROG Phone 6 dengan chip Mediatek, diberi nama Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate.

Ini merupakan seri ponsel Asus ROG pertama yang mengandalkan chipset buatan Mediatek. Penambahan huruf "D" pada kedua ponsel baru ini menunjukkan kode dari chip yang digunakannya yaitu Dimensity 9000+.

Chip ini merupakan produk baru MediaTek yang diluncurkan pada Juni lalu dengan arsitektur 4 nm.

Secara umum spesifikasi antara ROG Phone 6D dan ROG Phone 6D Ultimate tidak jauh berbeda pada berbagai aspek. Salah satu perbedaanya yaitu pada aspek penyimpanan internal, karena varian Ultimate mendapat dukungan penyimpanan yang lebih besar.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate

Asus ROG Phone 6D dan Asus ROG Phone 6D Ultimate hadir dengan desain yang sama seperti ROG Phone 6 series.

Punggung kedua ponsel dilengkapi dengan aksesori khas ROG Phone. Namun varian Ultimate didukung dengan layar ROG Vision berpanel PMOLED. Adapun ROG Phone 6D hanya dihias logo ROG disertai LED RGB.

Tampilan depan kedua ponsel juga identik karena keduanya dibekali layar OLED berukuran 6,78 inci. Asus menyematkan sejumlah dukungan teknologi layar seperti kedalaman warna 10-bit, refresh rate 165 Hz, serta dukungan HDR10+ sebagaimana ROG Phone 6 series.

Pada aspek hardware, ROG Phone 6D dan 6D Ultimate ditenagai oleh chip MediaTek Dimensity 9000+ yang merupakan chipset octa-core dengan clockspeed hingga 3.2 GHz dan GPU Mali-G710 MC10.

Dimensity 9000+ pada ROG Phone 6D series dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan penyimpanan 256 GB atau 512 GB.

Daya tahan kedua ponsel gaming ini didukung dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh disertai fast charging 65 watt.

Asus juga menyertakan sistem pendingin yang mumpuni pada ROG Phone 6D dan ROG Phone 6D Ultimate. Namun khusus pada varian Ultimate, Asus menyediakan sistem pendingin yang disebut Portal AeroActive pada punggung ponsel.

Sistem ini mengakomodasi jalur pendinginan langsung ke komponen internal ponsel, bila ponsel dipasangkan dengan aksesori AeroActive Cooler 6.

Asus mengeklaim praktik itu akan membuang suhu panas menjadi jauh lebih efisien, sehingga menghasilkan kinerja berkelanjutan yang lebih baik.

Beralih ke aspek kamera, Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate mengandalkan tiga kamera belakang seperti ROG Phone 6 series.

Kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2) dan kamera makro 5 MP. Smartphone gaming ini juga menawarkan kamera swafoto dengan resolusi 12 MP.

Mengingat ROG Phone 6D dan 6D Ultimate masih "keluarga" ROG Phone 6 series, pengguna bisa memakai aksesori yang sama, misalnya aksesori kipas pendingin untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil.

Harga Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate

ROG Phone 6D dan 6D Ultimate hanya tersedia dalam warna Space Grey. Ponsel ini sudah tersedia di Inggris dengan harga berikut:

  • ROG Phone 6D - mulai 779 poundsterling atau setara Rp 13,3 juta
  • ROG Phone 6D Ultimate - mulai 1.199 poundsterling atau setara Rp 20,5 juta

Perlu dicatat bahwa harga Asus ROG Phone 6D Ultimate sudah termasuk bundling AeroActive Cooler 6 yang harganya sekitar 89 poundsterling (Rp 1,5 juta), dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (20/9/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/20/08030997/asus-rog-phone-6d-resmi-meluncur-dengan-chip-mediatek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke