Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kondisi Bisnis Shopee di Sejumlah Negara, dari Tutup Operasi hingga PHK Karyawan

KOMPAS.com - Bisnis perusahaan marketplace kenamaan, Shopee, tampaknya tengah mengalami guncangan di sejumlah negara. Mulanya, Shopee melakukan penutupan operasi bisnisnya di sejumlah negara, termasuk India dan Perancis.

Menyusul penutupan operasi, anak perusahaan Sea Group itu lantas juga menerapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawannya di beberapa negara, termasuk salah satunya yang terbaru adalah Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan kondisi bisnis Shopee di sejumlah negara sepanjang tahun ini, mulai dari penutupan operasi hingga PHK karywan.

Tutup operasi bisnis di India, Perancis, dan Amerika Latin

Shopee awalnya memiliki wilayah operasi bisnis di sejumlah negara di luar kawasan Asia Tenggara, seperti India, Perancis, dan negara-negara di Amerika Latin, termasuk Chile, Meksiko, Kolombia, dan Argentina.

Namun, akhirnya Shopee harus menutup operasi bisnisnya di negara-negara tersebut. Pada Maret 2022, Shopee resmi mengumumkan penutupan operasional layanan di Perancis. Tak ada alasan spesifik yang menyertai keputusan tersebut.

Di bulan yang sama, Shopee juga menghentikan bisnisnya untuk pasar India. Alasan penutupan bisnis Shopee di India tak begitu jelas pula, hanya disebutkan karena terdapat “ketidakpastiaan”.

Setelah India dan Perancis, penutupan operasi bisnis Shopee berlanjut ke negara Amerika Latin. Pada September ini, Shopee resmi mengumumkan hengkang dari Chile, Meksiko, Kolombia dan Argentina.

Di Chile, Kolombia, dan Meksiko, menurut sumber yang dikutip Reuters, Shopee hanya menutup operasional lokalnya. Namun, Shopee dikatakan masih akan menjalankan operasional lintas negara di ketiga negara tersebut.

"Mengingat ketidakpastian ekonomi makro yang meningkat saat ini, (perusahaan perlu) memfokuskan sumber daya pada operasi inti," kata CEO Shopee, Chris Feng, dalam sebuah pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (20/9/2022).

Karena alasan itu, perusahaan memutuskan untuk menghentikan operasional lokalnya dan berkonsentrasi pada model operasional lintas negara di Meksiko, Kolombia, dan Chile.

Sementara di Argentina, Shopee memilih menutup operasional layanan sepenuhnya. Sedangkan di Brasil, Shopee masih akan mempertahankan bisnisnya karena perusahaan terbilang menjadi pemain dominan di negara tersebut.

PHK karyawan

Menyertai penutupan operasi di sejumlah negara tersebut, Shopee juga melakukan PHK karyawan. Pada Juni lalu, Shopee PHK karyawan divisi e-commerce dan pengiriman makanan baik di Asia Tenggara maupun Amerika Latin.

Menurut Reuters, perusahaan yang lekat dengan warna oranye ini bahkan membatalkan lusinan lowongan pekerjaan dalam dua minggu terakhir. Keputusan Shopee PHK karyawan ini juga menyasar untuk wilayah operasi bisnis di Indonesia.

Pada 19 September 2022, Shopee Indonesia mengonfirmasi telah melakukan PHK terhadap sejumlah karyawannya, sebagaimana disampaikan oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira

Radynal menjelaskan penyebab Shopee PHK karyawan di Indonesia adalah terkait kondisi ekonomi global, namun tak disebut secara spesifik soal berapa jumlah karyawan Shopee yang di-PHK dan dari divisi mana saja.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Radynal melalui keterangan resmi kepada KompasTekno pada Senin (19/9/2022).

Untuk karyawannya yang terdampak PHK, Shopee Indonesia berkomitmen memberikan dukungan materi seperti memberikan pesangon sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dengan tambahan satu bulan gaji.

Karyawan yang terkena PHK juga masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan dari Shopee Indonesia hingga akhir tahun. Adanya keputusan PHK ini, Shopee Indonesia memastikan tidak akan mempengaruhi operasional bisnis dan layanan di tanah air.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/20/14150037/kondisi-bisnis-shopee-di-sejumlah-negara-dari-tutup-operasi-hingga-phk-karyawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke