Salin Artikel

3 Fitur Keamanan di Oppo Reno 8 dan Cara Pakainya

KOMPAS.com - Reno 8 4G merupakan smartphone terbaru Oppo yang dipasarkan di Indonesia belum lama ini.

Suksesor Reno 7 4G tersebut dibekali dengan sejumlah fitur unggulan, salah satunya berasal dari aspek keamanan.

Ada tiga fitur keamanan Reno 8 4G yang bisa dibilang menarik untuk disorot dan berguna untuk melindungi privasi pengguna.

Mereka adalah Smart Notification Hiding, Recent Task Protection, dan Require Password to Power Off. Lantas, apa fungsi masing-masing fitur keamanan ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Smart Notification Hiding adalah fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan beragam notifikasi yang masuk ke ponsel, misalnya notifikasi WhatsApp atau Instagram.

Fitur ini mengandalkan pendeteksian dari kamera selfie Reno 8 4G. Jika kamera tersebut tidak mendeteksi wajah pemilik perangkat, maka isi notifikasi akan disembunyikan dan tidak bisa dilihat orang lain.

Perlu dicatat, fitur ini bakal membutuhkan data wajah pengguna supaya berfungsi dengan normal. Cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

Recent Task Protection adalah fitur yang memungkinkan konten dari aplikasi lain disembunyikan ketika ditampilkan di deretan aplikasi yang sedang berjalan alias Recent Task.

Dengan begitu, pengguna lain tak akan bisa melihat konten atau isi aplikasi yang mungkin sensitif ketika mereka melakukan kegiatan membuka banyak aplikasi (multitasking) di tempat umum.

Cara menggunakan fitur Recent Task Protection adalah sebagai berikut:

Seperti namanya, Require Password to Power Off merupakan fitur yang mewajibkan pengguna memasukkan kata sandi (password), PIN, fingerprint, atau kunci keamanan lainnya jika mereka hendak mematikan ponsel.

Sehingga, pengguna lain tak sembarangan mematikan ponsel kita, terlebih jika ada suatu hal yang mewajibkan kita menyalakan smartphone, seperti meeting atau menunggu panggilan yang penting.

Cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pergi ke menu pengaturan alias "Settings".
  • Lalu, pilih menu "Password & security".
  • Di tampilan selanjutnya, klik menu "System security".
  • Kemudian, kunjungi menu "Require password to power off".
  • Terakhir, aktifkan toggle "Require password to power off".

Demikian tiga fitur keamanan di Reno 8 4G yang bisa dibilang cukup menarik untuk meningkatkan aspek privasi pengguna.

Penasaran ingin menjajal ketiga fitur ini? Pengguna di Tanah Air bisa membeli ponsel ini terlebih dahulu di sejumlah toko offline dan online rekanan Oppo.

Harganya dibanderol di angka Rp 4.999.000 untuk varian 8 GB/256 GB. Pengguna bisa memilih salah satu dari dua varian warna Reno 8 4G yang disediakan, yaitu Starlight Black atau Dawnlight Gold.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/21/09000027/3-fitur-keamanan-di-oppo-reno-8-dan-cara-pakainya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.