Salin Artikel

Inilah Stuntronic, Robot Spider-Man di Disneyland yang Bisa Melompat dan Terbang Seperti Sungguhan

Namun, ada satu pertunjukan yang bisa dibilang paling menarik, yaitu atraksi pahlawan super (superhero) Spider-Man terbang di udara, melintas dari satu platform ke platform lainnya.

Saking aslinya, banyak pengunjung, begitu juga KompasTekno yang hadir di sana untuk memenuhi rangkaian acara D23 Expo 2022 pada Kamis (8/9/2022), mengira bahwa atraksi ini dilakukan oleh seorang ahli akrobat (stuntman).

Namun, dugaan kami ternyata salah. Dalam sebuah sesi presentasi yang diisi oleh tim Walt Disney Imagineering di Disneyland Park California, Amerika Serikat pekan lalu, mereka mengatakan bahwa itu bukan orang, melainkan sebuah robot.

Executive Creative Director Disney Live Entertainment Walt Disney Imagineering, Michael Serna mengatakan bahwa atraksi Spider-Man terbang ini berasal dari keinginan Disney untuk memberikan atraksi Spider-Man sungguhan di depan mata pengunjung.

"Sebagai penggemar Spider-Man, impian kami dan kita semua adalah melihat superhero tersebut melakukan atraksi terbang menggunakan jaring laba-labanya di depan mata kita," jelas Michael kepada KompasTekno pekan lalu.

"Dengan kerja keras tim riset dan pengembangan Walt Disney Imagineering, kami menghadirkan sebuah robot stuntronic yang dibuat sedemikian rupa untuk mewujudkan impian tersebut," imbuh Brent.

Pada awal pengembangan, Brent dan timnya hanya menggunakan sebuah tongkat yang diikat dengan tali. Tongkat tersebut seakan mendemonstrasikan bagaimana nantinya Spider-Man bakal terbang.

Lalu, seiring berjalannya waktu dan kalkulasi terhadap ritme lompatan sudah diperhitungkan matang-matang, tongkat itu diganti dengan sebuah robot yang bisa bergerak secara sistematis dan menyerupai manusia sungguhan.

Brent tidak menjelaskan berapa waktu pengembangan robot Spider-Man ini. Yang jelas setelah beberapa waktu kemudian, robot ini dilapisi kostum Spider-Man, dan bakal terbang sesuai dengan arah dan titik tujuan yang sudah ditentukan sistem.

Robot Spider-Man ini sendiri bisa disaksikan di Disney California Adventure Park di AS, tepatnya di area "Avengers Campus".

Nantinya, atraksi Spider-Man terbang bakal terjadi tepat di atas wahana "Web Slingers: A Spider-Man Adventure" di beberapa waktu tertentu.

Video pengembangan stuntronic dan hasil akhir berupa atraksi Spider-Man terbang ini bisa disimak melalui video di tautan berikut ini.

Divisi ini berisi para teknisi, yang bertugas membuat berbagai wahana di Disneyland di seluruh dunia menjadi "lebih hidup" lewat bantuan teknologi.

Selain atraksi Spider-Man tadi, Walt Disney Imagineering juga berupaya untuk membuat beragam wahana yang bisa dijajal dan dirasakan secara nyata oleh pengunjung, sama seperti pengalaman menonton film-film keluaran Disney.

Di wahana Web Slingers: A Spider-Man Adventure tadi, misalnya, selain melihat atraksi Spider-Man terbang di luar wahana, pengunjung juga bisa masuk ke dalam wahana tersebut demi membantu Spider-Man menyelesaikan satu misi penting.

Dalam misi tersebut, pengunjung bakal membantu Spider-Man menyelamatkan laboratoriumnya dari serangan robot laba-laba kecil (Spider Bot) yang malfungsi dan tak terkendali.

Demi menepis gempuran Spider Bot dan mengalahkannya, pengunjung bakal diberikan kekuatan mengeluarkan jaring laba-laba dari tangannya.

Dalam wahana ini, pengunjung sebenarnya hanya akan menggunakan kacamata 3D. Namun melalui kacamata tersebut, mereka bisa merasakan bahwa tangannya akan mengeluarkan jaring laba-laba, sama seperti kekuatan Spider-Man sungguhan.

Untuk menghadirkan pengalaman tersebut, Executive Creative Director Walt Disney Imagineering, Brent Strong mengatakan bahwa timnya menggunakan beragam teknologi canggih yang bisa mendeteksi gerakan tubuh dan tangan pengguna.

"Ini merupakan teknologi baru yang kami rancang bertahun-tahun. Wahana ini mengandalkan berbagai sensor kamera untuk mempelajari dan mendeteksi gerakan mata, bahu, tubuh, hingga tangan pengguna," ujar Brent di kesempatan yang sama.

"Dengan beragam gerakan yang dikumpulkan ini, kami bisa me-render gerakan tersebut, dan mengubahnya menjadi gambar digital, supaya segala aksi dari gestur tubuh pengguna sesuai dengan apa yang mereka lihat di kacamata 3D," tambah Brent.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/21/13000097/inilah-stuntronic-robot-spider-man-di-disneyland-yang-bisa-melompat-dan-terbang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.