Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsol Genggam Logitech G Cloud Gaming Meluncur, Harga Rp 5 Jutaan

KOMPAS.com - Logitech akhirnya resmi mengumumkan konsol game genggam (handheld) G Cloud Gaming. Sesuai dengan namanya, konsol ini hadir dalam mode genggam (handheld) seperti Nintendo Switch.

Selain itu, konsol ini juga fokus pada game yang berjalan menggunakan cloud, meskipun memiliki dukungan untuk menjalankan game berbasis Android.

Desain Logitech G Cloud Gaming tampak mirip seperti bocoran gambar yang sudah beredar di internet. Secara umum desainnya sama seperti Nintendo Switch, tetapi didominasi oleh warna putih.

Tombolnya sendiri tampak lebih beragam, mulai dari dua thumbstick analog, tombol navigasi arah (D-pad), hingga empat tombol operasi X,Y,A,B.

Selain itu, ada pula empat tombol lainnya, meliputi tombol Logitech G untuk menampilkan sub-menu atau menjeda maupun jeluar dari game, tombol home yang berguna untuk membawa pemain (gamer) kembali ke Logitech launcher, tombol menu dan menu konteks. Ada pula dua tombol bumper dan dua tombol trigger.

Logitech turut menyematkan efek haptic, giroskop, dan kontrol yang fungsinya dapat digonta-ganti sesuai keinginan (remap).

Karena menunjang game berbasis cloud, Logitech G Cloud Gaming menawarkan daya tahan yang lama hingga 12 jam atau lebih.

Spesifikasi Logitech G Cloud Gaming

Logitech G Cloud Gaming hadir dengan layar sentuh berpanel IPS ukuran 7 inci, resolusi Full HD (1.080 piksel) dan rasio aspek 16:9. Logitech juga menyertakan dukungan refresh rate layar sampai 60 Hz.

Dapur pacunya ditenagai oleh Snapdragon 720G, yaitu chip yang menawarkan CPU octa-core dengan clockspeed sampai 2,3 GHz. Chip ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X 4GB dan penyimpanan internal UFS 64 GB, yang dapat diperluas oleh pengguna melalui kartu microSD.

Daya tahannya ditopang oleh baterai berkapasitas 6.000 mAh yang dapat diisi ulang melalui USB-C 3.1. Menurut Logitech, daya konsol ini dapat terisi penuh dalam waktu 2,5 jam. Saat terisi penuh, baterai Logitech G Cloud Gaming menjanjikan daya tahan sampai 12 jam.

Logitech G Cloud Gaming tidak disertai dengan dukungan kartu SIM, jadi pengguna hanya bisa mengandalkan WiFi untuk memainkan berbagai game.

Guna memperkaya permainan yang didukung konsolnya, Logitech bekerja sama dengan Microsoft dan Nvidia untuk mengintegrasikan layanan Xbox Cloud Gaming dan layanan GeForce Now ke G Cloud Gaming.

Selain itu, Logitech juga berkerja sama dengan Tencent untuk menghadirkan dukungan launcher Android ke konsol G Cloud Gaming Handheld. Dengan dukungan ini, pengguna bisa memakai konsol tersebut dalam mode tablet untuk mengakses berbagai aplikasi seperti YouTube atau Chrome.

Dukungan launcher Android juga sekaligus memungkinkan konsol ini mampu menjalankan game berbasis Android.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (22/9/2022), Logitech G Cloud Gaming hadir dengan bobot 463 gram, lebih berat ketimbang Nintendo Switch (322 gram).

Meski demikian, konsol Logitech ini lebih ringan dibanding Steam Deck karena bobotnya sampai 669 gram.

Harga Logitech G Cloud Gaming yang diumumkan adalah 349,99 dollar AS (Rp 5,2 juta). Konsol ini akan tersedia mulai Oktober mendatang di pasar Amerika Serikat (AS).

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/22/09300057/konsol-genggam-logitech-g-cloud-gaming-meluncur-harga-rp-5-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke