Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Rilis Update Besar Windows 11, Ini Fitur-fitur Barunya

Pembaruan Windows 11 2H22 atau Windows 11 2022 ini membawa sejumlah peningkatan fitur, yang mencakup sistem keamanan, produktivitas, aksesibilitas, dan fitur gaming baru.

Dalam blog resminya, Microsoft mengeklaim Windows 11 2022 update akan membuat pengoperasioan PC lebih mulus, sehingga mendorong pengguna untuk lebih produktif.

Microsoft mengeklaim Windows 11 2022 akan digulirkan ke lebih dari 190 negara. Berikut beberapa pembaruan yang dibawa Windows 11 2022, dirangkum KompasTekno dari blog resmi Microsoft, Kamis (22/9/2022).

Pembaruan sistem operasi Windows 11 diklaim bakal lebih cepat dan lebih mulus saat melakukan pencarian di menu Start, pencarian Quick Settings (Pengaturan Cepat) mengalami peningkatan, dan pengguna bakal mendapatkan informasi terkini dari daerah setempat melalui papan Widgets perangkat.

Adapun kebaruan lain yang bakal dihadirkan adalah tabs pada File Explorer. Namun fitur ini baru akan digulirkan pada bulan Oktober mendatang.

Selain dapat melakukan pencarian yang lebih cepat, update Windows 11 juga meningkatkan fitur Snap Layouts, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur posisi pada deretan aplikasi yang sedang dibuka, sehingga tampilan layar pengguna bisa lebih rapi dan fleksibel.

Nah, update dari fitur Snap Layouts kali ini memiliki tampilan dan navigasi sentuh (touch navigation) yang lebih mulus dan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Dikarenakan pengguna dapat mengambil beberapa tab browser di Microsoft Edge. Berikut adalah contoh gambarnya.

Selain Snap Layout, fitur lainnya juga hadir untuk meminimalisasikan distraksi pengguna saat bekerja. Misalnya, mode Focus dan Do Not Disturb.

Jadi, ketika pengguna mengaktifkan mode Focus, sistem akan secara otomatis membisukan dan mematikan notifikasi pesan yang masuk. Sehingga membuat pengguna bisa bekerja dan istirahat lebih maksimal, tanpa ada gangguan.

Fitur aksesibilitas

Fitur text-to-speech (menulis teks melalui rekaman suara) juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, saat fitur tersebut dinyalakan, teks akan langsung muncul di atas layar atau di bawah kamera secara default.

Kini, pengguna dapat memindahkan lokasi teks tersebut ke bagian bawah layar atau dipindahkan ke jendela lain secara terpisah (floating windows). Selain merekam suara dari mirkofon, teks tersebut juga dapat menyalin percakapan secara langsung.

Kebaruan lainnya adalah fitur Voice Access. Fitur akses suara ini masih diuji coba, tetapi nantinya fitur tersebut bakal berfungsi untuk mengontrol PC pengguna melalui suara atau menulis teks secara vokal.

Fitur keamanan ditingkatkan

Microsoft menjelaskan bahwa Windows 11 hadir dibekali fitur “Smart Control App” sehingga membuat pengguna bisa merasa lebih aman saat mengunduh aplikasi di Windows Store.

Sebab, fitur tersebut akan memblokir aplikasi yang dinilai berbahaya atau berpotensi menyerang sistem komputer/perangkat pengguna.

Lalu, ada Microsoft Defender SmartScreen yang dapat mengidentifikasi dan mengirim notifikasi ketika pengguna memasukan kata sandi ke aplikasi atau situs yang dinilai berbahaya.

Kebaruan perlindungan ini telah terintegrasi dan dilindungi oleh Hypervisor (HVCI) dan aplikasi bawaan Microsoft (khusus Windows 11 baru) untuk memblokir aplikasi-aplikasi yang rentan.

Update Windows 11 menghadirkan “Windows Studio Effects” untuk meningkatkan panggilan video dan audio di Microsoft Teams.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk meredam atau mengurangi suara/kebisingan dari lingkungan sekitar, memburamkan latar belakang video, fitur Eye Contact (membuat pengguna agar selalu melihat kamera), serta Automatic Framing (menyesuaikan bingkai kamera sesuai dengan gerakan pengguna).

Update dari Windows 11 juga akan menambahkan aplikasi edit video bawaan yang bernama "ClipChamp".

Tambahan aplikasi game

Pembaruan Windows 11 memudahkan pengguna untuk bermain game lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Sebab, tampilan dari Xbox Game Bar yang telah diperbarui ini akan memudahkan akses yang lebih cepat, serta menampilkan game apa saja yang baru dimainkan.

Berdasarkan klaim Microsoft, pembaruan tampilan tersebut juga akan meningkatkan kinerja dan performa game saat dimainkan, yaitu dengan membuka Auto HDR dan Variable Refresh. Agar tampilan tersebut bisa lebih mulus dan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Adapun pengguna juga dapat melihat tampilan baru dari peramban Microsoft Edge yang lebih dipersonifikasi, akses yang lebih mudah ke Xbox Cloud Gaming, dan riwayat permainan yang baru saja dimainkan.

Windows 11 juga menambah fitur bawaan lainnya untuk meningkatkan grafis yang lebih tajam di dalam game. Fitur tersebut bernama "Clarity Boost".

Lebih ramah lingkungan

Update Windows 11 kali ini dirancang ramah lingkungan agar emisi karbon yang dikeluarkan perangkat bisa dikurangi.

Sebagai gambaran, ketika perangkat dicolokkan ke listrik dan dinyalakan, perangkat akan terhubung dengan internet.

Jika data intesitas karbon di wilayah tersebut tersedia di sistem, Windows bakal menjadwalkan pembaruan dalam sehari agar emisi karbon yang dihasilkan lebih rendah.

Upaya lain yang turut dilakukan adalah perusahaan bakal mengubah pengaturan daya baterai untuk mode Sleep atau Screen Off agar membantu perangkat mengurangi emisi, saat PC dalam keadaan tidak digunakan/idle.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/22/11322927/microsoft-rilis-update-besar-windows-11-ini-fitur-fitur-barunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke