Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Siaran TV Analog di Bandung, Bali, dan 7 Wilayah Ini Akan Dimatikan

Dengan begitu, seluruh siaran TV analog di wilayah Jabodetabek bakal dimatikan pada 6 Oktober 2022 pukul 00.01 WIB. Setelah itu, pemirsa televisi yang tinggal di wilayah Jabodetabek hanya bisa menonton siaran TV digital saja.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo sekaligus Ketua Gugus Tugas ASO, Geryantika Kurnia mengatakan, setelah Jabodetabek, ada sembilan wilayah lain yang siaran TV analognya menyusul bakal dimatikan.

"Setelah Jabodetabek, bersiap Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya (akan dimatikan siaran TV analognya)," kata pria yang akrab disapa Gery dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring melalui kanal YouTube KemkominfoTV, Jumat (23/9/2022).

Tak hanya itu, migrasi TV analog ke digital (analog switch off/ASO) juga bakal segera dilakukan di luar Pulau Jawa, seperti di Banjarmasin, Bali, Palembang, dan Makassar.

Bila dirangkum, total ada 9 wilayah yang bakal dimatikan siaran TV analognya, menyusul daerah Jabodetabek, sebagai berikut:

Meski begitu, Geryantika belum mengungkap tanggal pasti ASO di 9 wilayah di atas bakal dilakukan. Menurut dia, yang jelas, kesembilan wilayah itu bakal melakukan migrasi TV analog ke TV digital setelah ASO Jabodetabek selesai pada 5 Oktober mendatang.

Adapun kesiapan ASO di suatu wilayah, termasuk di 9 wilayah di atas, dilihat dari sejumlah indikator. Misalnya, distribusi set top box (STB) gratis hingga kesiapan infrastruktur siaran televisi digital sebagai pengganti siaran TV analog.

Walau belum ada tanggal pastinya, pemirsa televisi di wilayah Bandung, Semarang, dan tujuh wilayah lainnya seperti disebut di atas untuk bersiap-siap menyongsong ASO.

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya.

Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.

Dari 18 wilayah, ada empat wilayah layanan yang sudah melakukan analog switch off (ASO) pada 30 April lalu. Keempat wilayah layanan tersebut meliputi:

  1. Nusa Tenggara Timur-3 : Kabupaten Timor Tengah Utara
  2. Nusa Tenggara Timur-4 : Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka
  3. Papua Barat-1 : Kota Sorong, Kabupaten Sorong
  4. Riau-4 : Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti

"Dapat kami informasikan bahwa 14 wilayah layanan lainnya telah menyusul pelaksanaan ASO," kata Rosarita.

Adapun daftar 14 wilayah layanan yang juga sudah melakukan migrasi TV analog ke TV digital adalah sebagai berikut:

Kominfo optimis seluruh 112 wilayah layanan siaran TV analog bakal tuntas melakukan migrasi ke TV digital pada 2 November 2022.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/23/12405277/siap-siap-siaran-tv-analog-di-bandung-bali-dan-7-wilayah-ini-akan-dimatikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke