Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Fitur Canggih Google Maps Ini Belum Hadir di Indonesia

KOMPAS.com - Google mengumumkan sejumlah fitur baru di Google Maps yang bisa membuat navigasi semakin mudah, seru, dan juga lebih nyata (immersive) dan natural.

Dua di antaranya yang bisa dibilang paling menarik adalah Immersive View dan Search with Live View.

Immersive View memungkinkan pengguna melihat suatu area atau kota secara 3D, lengkap dengan bentuk bangunan aslinya, suasana jalanan, informasi cuaca, dan lain sebagainya dari atas langit.

Kemudian Search with Live View memungkinkan pengguna memakai kamera ponselnya untuk membidik dan mencari informasi dari berbagai tempat yang ada di dunia nyata secara realtime.

Meski demikian, dua fitur Google Maps yang tergolong canggih ini baru akan tersedia di sejumlah kota besar saja, yakni Los Angeles, London, New York, San Francisco, hingga Tokyo dalam beberapa bulan ke depan.

Sayangnya, Google belum akan menghadirkan fitur Immersive View dan Search with Live View di kota-kota besar di Indonesia dalam waktu dekat.

VP & General Manager Geo Consumer Maps, Miriam Daniel mengatakan bahwa Immersive View dan Search with Live View meluncur secara terbatas, lantaran kedua fitur itu membutuhkan sejumlah data penunjang untuk berfungsi secara optimal.

"Baik itu Immersive View Search with Live View, keduanya membutuhkan kemampuan AI yang canggih, serta banyak data gambar atau citra satelit dengan tingkat akurasi dan resolusi yang tinggi," ujar Miriam dalam acara "Search On 2022", Selasa (27/9/2022).

Miriam menambahkan, data-data gambar ini harus dikumpulkan sebanyak mungkin, supaya gambar yang ditampilkan di Google Maps bisa dibuat seakurat mungkin dan sesuai dengan aslinya.

Pengumpulan data yang tidak mudah ini menjadi alasan utama mengapa fitur-fitur canggih Google Maps, seperti Immersive View dan Search with Live View tadi, belum bisa diluncurkan serentak di seluruh kota besar yang ada di dunia.

"Kami ingin memastikan bahwa di setiap kota, kami memiliki jangkauan yang luas, sehingga fitur-fitur canggih tadi bisa dinikmati oleh pengguna dan dilihat secara akurat," jelas Miriam.

"Oleh karena itu, kami meluangkan waktu untuk mengumpulkan data-data terlebih dahulu, sebelum kami meluncurkan beragam fitur anyar yang immersive tadi di beberapa kota lainnya," imbuh Miriam.

Miriam tidak menyebutkan kota-kota besar mana lagi yang bakal mendapatkan fitur Immersive View dan Search with Live View.

Yang jelas, da memastikan bahwa kedua fitur ini akan hadir secara bertahap di kota-kota lainnya dalam beberapa waktu ke depan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/29/10300077/alasan-fitur-canggih-google-maps-ini-belum-hadir-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke