Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian dan Fungsi Task Manager dalam Komputer

KOMPAS.com - Untuk para pengguna Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Task Manager”. Task Manager merupakan sistem operasi bawaan dari Microsoft sejak update-nya Microsoft pada versi Windows 2000.

Secara umum, Task Manager merupakan aplikasi bawaan dari operating system (OS) Windows yang berfungsi sebagai monitoring proses dan aplikasi apa saja yang berjalan pada saat Anda menggunakan perangkat komputer tersebut.

Dari monitoring ini, Anda mendapatkan informasi penggunaan resource sistem komputer Anda secara keseluruhan.

Selanjutnya, KompasTekno akan menjelaskan mengenai pengertian Task Manager hingga fungsi dan cara penggunaan Task Manager itu sendiri dalam Windows perangkat komputer kita.

Pengertian Task Manager

Task Manager adalah komponen sistem operasi yang ditemukan di semua versi Microsoft Windows sejak Windows NT 4.0 dan Windows 2000. Ini memungkinkan Anda melihat setiap proses dan kinerja komputer secara keseluruhan.

Manfaat dalam menggunakan Task Manager salah satunya adalah Anda dapat melihat berapa banyak memori yang digunakan suatu program, menghentikan program yang dibekukan, dan melihat sumber daya sistem yang tersedia.

Cara Pengoperasian Task Manager

Task Manager dibuka dengan menekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard. Anda juga dapat membuka Task Manager dengan mengklik kanan taskbar dan memilih Task Manager.

Cara lain untuk membuka Task Manager adalah dengan menekan Ctrl+Alt+Del pada keyboard dan memilih Task Manager atau Start Task Manager.

Windows 8 & Windows 10

Pengguna Windows 8 dan Windows 10 juga dapat mengakses Task Manager dengan mengklik kanan Start atau menekan Windows Key+X untuk mengakses power user task manager. Di menu ini, Anda dapat mengakses Task Manager.

Windows Vista & Versi Lebih Terbaru

Di Windows Vista dan versi yang lebih baru, klik Mulai, ketik taskmgr di kotak teks Pencarian, dan pilih opsi taskmgr.exe atau Manajer Tugas di hasil pencarian.

Windows XP & Versi Sebelumnya

Di Windows XP dan versi sebelumnya, Pengelola Tugas juga dapat dijalankan dengan menjalankan file taskmgr.exe dari direktori C:\Winnt\System32 atau dengan mengklik Start > Run, ketik taskmgr, dan tekan Enter.

Fungsi Task Manager

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing tab yang terdapat di semua versi Task Manager Windows dan kemampuannya.

Applications tab

Applications tab disertakan di semua versi Windows, kecuali Windows 8 dan Windows 10, dan menampilkan semua program terbuka yang berjalan di komputer.

Untuk sebagian besar pengguna Windows 7 dan sebelumnya, Applications tab adalah tab yang paling banyak dikunjungi.

Ini menampilkan program yang berjalan, termasuk yang berhenti merespons dan mengharuskan Anda untuk End Task. Pengguna Windows 8 dan 10 dapat menemukan End Task pada Processes Tab.

Processes tab

Processes tab ada di semua versi Windows, termasuk Windows 8 dan Windows 10, dan menampilkan semua proses Windows yang sedang berjalan di komputer.

Dimulai dengan Windows 8, Microsoft menggabungkan Applications tab dan Processes tab, oleh karena itu alasan mengapa Applications tab tidak muncul di Windows 8 atau 10.

Service tab

Service Tab berfungsi sebagai menunjukkan semua layanan Windows yang saat ini berjalan di komputer.

Performance tab

Performance tab menampilkan sumber daya sistem komputer yang tersedia, termasuk berapa banyak CPU, memori, drive disk, Wifi, dan jaringan yang digunakan.

Versi Windows yang lebih baru juga menunjukkan bagan penggunaan untuk masing-masingnya saat digunakan. Di bagian bawah tab ini juga terdapat tautan cepat ke Resource Monitor.

Networking tab

Networking tab terdapat di semua versi Windows, kecuali Windows 8 dan Windows 10, menunjukkan lalu lintas jaringan yang terjadi di komputer, termasuk lalu lintas jaringan LAN atau Nirkabel.

Pada Processes tab Windows 8 dan Windows 10, Penggunaan jaringan dapat dilihat di Task Manager, di bawah Lebih detail.

Users tab

Users tab menunjukkan semua pengguna yang masuk ke komputer. Di Windows 8, tab Pengguna juga menunjukkan proses yang dijalankan setiap pengguna.

App History tab

App history tab diperkenalkan di Windows 8. Ini menunjukkan riwayat keseluruhan dari masing-masing Aplikasi Windows (bukan program Windows tradisional) yang telah berjalan di komputer.

Startup tab

Startup tab diperkenalkan dengan Windows 8 dan menunjukkan setiap program yang dimulai dengan Windows dan dampaknya terhadap waktu buka. Dari tab Startup, Anda juga dapat menonaktifkan program startup dari bagian Task Manager ini.

Details tab

Details tab diperkenalkan dengan Windows 8 dan memiliki detail lengkap dari setiap proses yang berjalan di komputer.

Salah satu hal yang paling umum dilakukan di Task Manager adalah menggunakan End Task untuk menghentikan program agar tidak berjalan.

Jika sebuah program tidak lagi merespons, Anda dapat memilih untuk Mengakhiri Tugas dari Pengelola Tugas untuk menutup program tanpa harus me-restart komputer.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/29/15150057/pengertian-dan-fungsi-task-manager-dalam-komputer-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke