Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Modifikasi Lockscreen ala iOS 16 Bakal Hadir di Android Samsung?

Melihat kebaruan dalam memodifikasi layar lockscreen, Samsung dilaporkan juga bakal menghadirkan fitur yang serupa di antarmuka ponselnya, lewat update One UI 5.0. Namun, kini, fitur tersebut masih sedang dikembangkan dan diuji coba di OneUI 5.0 versi beta.

Salah seorang yang mendapatkan kesempatan untuk menguji coba fitur baru dari antarmuka terbaru Samsung adalah YouTuber teknologi bernama Vaibhav Jain.

Vaibhav mengunggah informasi tersebut ke akun Twitter pribadinya dengan handle @vvaiibhav. Dalam unggahannya, ia juga menyertakan tampilan layar dari kedua perangkat Samsung dan iPhone 14 varian Pro.

Melalui gambar tersebut dapat diketahui bahwa OneUI 5.0 versi beta Samsung memungkinkan pengguna untuk mengubah warna font, mengganti jenis font, hingga memilih beragam warna dari widgets jam. Tampilan dari opsi pengaturan yang disuguhkan juga cukup serupa dengan iOS 16.

Selain memodifikasi widgets di bagian lockscreen, pengguna Samsung nantinya juga dapat mengganti wallpaper atau foto latar ponsel secara langsung.

Transisi antara aplikasi juga diklaim bakal lebih cepat dan mulus dibandingkan sebelumnya. Adapun fitur Always on Display (AoD) diprediksi juga akan dapat dimodifikasi seperti lockscreen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Giz China, Selasa (4/10/2022).

Serupa dengan Dynamic Island, Grumpy UI juga menampilkan fitur lain, yaitu “Now Playing” di MIUI. Fitur tersebut dapat menampilkan musik apa yang sedang diputar. Lalu, tema tersebut pun dapat menyamarkan lubang kamera yang berada di pojok kiri atas layar.

Dikutip dari Notebook Check, tema yang mirip iOS 16 ini sudah tersedia di Theme Store. Namun, tampaknya tema tersebut tidak tersedia untuk pengguna Xiaomi di luar China.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/04/13000067/fitur-modifikasi-lockscreen-ala-ios-16-bakal-hadir-di-android-samsung-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke