Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siaran TV Analog Jabodetabek Batal Dimatikan Besok, Diundur 2 November

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) batal melangsungkan migrasi siaran TV analog ke digital (analog switch off/ASO) untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada besok, Rabu, (5/10/2022).

Jadwal ASO Jabodetabek yang sedianya dilakukan besok itu, mundur menjadi 2 November 2022.

Menurut Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP), Kominfo, Usman Kansong, pihaknya sebenarnya sudah siap migrasi ASO Jabodetabek sesuai jadwal (5 Oktober). Namun, penyelenggara Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) sebagai pihak penyelenggara multipleksing, meminta Kominfo menundanya hingga 2 November.

"Persiapan terus dilakukan dan sebetulnya kita siap ASO Jabodetabek 5 Oktober 2022," kata Usman, dihubungi KompasTekno, Selasa (4/10/2022).

"Namun, ATVSI/penyelenggara multipleksing meminta ASO Jabodetabek digeser ke 2 November 2022 sebagai batas akhir ASO sesuai dengan UU Cipta Kerja," imbuhnya.

Kominfo sendiri menurut Usman, berperan dalam memfasilitasi industri penyiaran dalam menghadapi disrupsi digital. Untuk itu, pihaknya turut mengaminkan permintaan dari penyedia layanan multipleksing dalam menunda jadwal ASO Jabodetabek.

Berdasarkan ketentuan sebelumnya, migrasi siaran TV analog ke digital di Jabodetabek dijadwalkan pada 5 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB. Hal ini ditetapkan setelah Kominfo menilai bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya sudah memenuhi kriteria ASO.

"Kementerian Kominfo mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, telah memenuhi kriteria ASO," kata Rosarita, Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Rosarita Niken Widiastuti pada 23 September lalu.

"Maka penghentian siaran televisi analog oleh seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan secara serempak pada tanggal 5 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB," lanjut Rosarita.

Namun sesuai dengan permintaan ATVSI, Kominfo akhirnya menetapkan jadwal ASO untuk wilayah Jabodetabek ditunda hingga 2 November. Jadwal ini sesuai dengan batas akhir program ASO di berbagai wilayah di Indonesia.

Daftar kabupaten/kota yang terdampak ASO Jabodetabek

Dalam kesempatan yang sama, Rosarita merinci ada 14 kabupaten/kota yang terdampak ASO Jabodetabek, meliputi seluruh kota/kabupaten di DKI Jakarta hingga kota Tangerang Selatan. Berikut rinciannya:

Untuk mengetahui apakah TV Anda di rumah sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Cara mengecek apakah televisi Anda sudah digital atau belum, bisa disimak dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya.

Masyarakat juga bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/04/17350047/siaran-tv-analog-jabodetabek-batal-dimatikan-besok-diundur-2-november

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.