Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Earphone TWS Apple yang Bisa Dipakai Android Segera Masuk Indonesia?

Indikasi Beats Studio Buds segera masuk pasar Indonesia adalah perangkat ini sudah muncul dan terdaftar di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Pantauan KompasTekno pada Selasa (4/10/2022), laman Postel Kominfo merinci ada dua model perangkat TWS Beats Studio Buds yang didaftarkan PT Apple Indonesia pada 28 September 2022.

Adapun kedua perangkat Beats Studio Buds masing-masing memiliki nomor model "A2512" dan "A2513".

Berdasarkan penelusuran KompasTekno dari sejumlah sumber di internet, A2512 adalah nomor model untuk Beats Studio Buds varian warna Black (hitam), sedangkan A2513 adalah nomor model untuk Beats Studio Buds varian warna White (putih).

Meski sudah terdaftar postel, sejumlah Apple Premium Reseller (APR) perangkat Apple di Indonesia, macam iBox Indonesia hingga Digimap, belum mengumbar informasi apapun seputar peluncuran TWS Beats Studi Buds ini di Indonesia.

Biasanya, perangkat elektronik akan dirilis ke Tanah Air tak lama setelah mengantongi sertifikasi frekuensi radio Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Namun, berdasarkan penelusuran KompasTekno, sertifikasi perangkat ini belum muncul di laman TKDN Kemenperin.

Salah satu nilai jual Studio Buds adalah kompatibilitas yang lebih luas untuk perangkat di luar ekosistem produk Apple. Perangkat ini, misalnya, tidak menggunakan konektor Lightning untuk mengisi daya, melainkan USB tipe C.

Selain itu, Studio Buds turut didampingi aplikasi Beats yang bisa diunduh oleh pengguna Android dari toko aplikasi Google Play Store.

Untuk mendapatkan akses ke seluruh fitur yang dibawa oleh Studio Buds, pengguna hanya perlu memastikan bahwa ponselnya sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 atau yang lebih baru, dan mengaktifkan Layanan Google Play serta akun Google.

Pengguna Android pun bisa melihat informasi soal sisa baterai pada Studio Buds dan casing pengisi dayanya, di samping menambahkan kendali tambahan seperti memanggil Google Assistant.

Earphone TWS Studio Buds ini juga membawa embel-embel nama Beats. Karena memang merupakan hasil garapan dari produsen perangkat audio Beats Electronics, yang diakuisisi Apple pada 2014.

Sebenarnya, lini earphone AirPods juga bisa digunakan pada ponsel Android. Namun, bila AirPods digunakan di luar produk ekosistem Apple (iPhone, Mac, iPad), menurut laman Support Apple, fitur pada AirPods mungkin akan dibatasi.

Lalu bagi pengguna ekosistem Apple, perangkat ini juga menyertakan dukungan Spatial Audio sehingga memberikan kesan suara yang didengarkan berasal dari sekeliling pengguna.

Apple mengeklaim Studio Buds ini dapat menemani pengguna hingga 8 jam, bila menggunakan fitur transparansi alias fitur ANC tidak aktif.

Pengguna juga masih akan mendapatkan tambahan daya hingga 16 jam, berkat casing pengisi daya Studio Buds. Jadi totalnya, earphone wireless ini dapat menemani pengguna hingga 24 jam, atau 15 jam jika ANC aktif.

Dari segi desain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (15/6/2021), Studio Buds memiliki rancangan yang berbeda dibandingkan AirPods, karena tak memiliki bagian batang earphone.

Fitur lain yang dibawa oleh Studio Buds ini termasuk tiga ukuran eartip silikon bawaan dalam setiap pembelian aksesori. Studio Buds juga sudah mengantongi sertifikat IPX4 untuk ketahan terhadap air dan keringat.

Dari segi harga, di laman resmi Apple AS, earphone TWS Studio Buds dibanderol seharga 149,9 dollar AS atau setara dengan Rp 2,1 juta, sedikit lebih murah dari AirPods generasi kedua yang dijual seharga 159 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/04/18150037/earphone-tws-apple-yang-bisa-dipakai-android-segera-masuk-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke