Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Butuh 60 Tahun Bagi Google untuk Saingi Penjualan HP Samsung

Namun, dalam beberapa tahun terakhir Google juga terjun ke produk hardware termasuk perangkat wearable dan smartphone, seperti Google Nest Mini atau Pixel.

Meski demikian, penjualan smartphone Pixel tak menunjukkan angka yang begitu signifikan.

Bahkan penjualan total Google Pixel lintas generasi menurut firma riset International Data Corporation (IDC) hanya sekitar 27,6 juta unit.

Data tersebut dibagikan oleh Vlad Savov dari Bloomberg di Twitter dengan handle @vladsavov. Dalam cuitannya Savov juga membandingkan penjualan Google Pixel dengan Samsung.

Bila dibandingkan, penjualan Google Pixel itu setara dengan sepersepuluh pengiriman ponsel Samsung pada tahun 2021.

Jadi, perbandingannya adalah 1:10, karena Samsung mampu mengirimkan 10 kali lipat ponsel hanya dalam periode setahun saja.

Dengan kata lain, perlu waktu sekitar 60 tahun bagi Google untuk menjual Pixel agar jumlahnya sebanyak penjualan Samsung Galaxy dalam periode setahun.

"Sejak Google meluncurkan ponsel Pixel pada 2016, (ponsel itu) terjual 27,6 juta unit. Ini 1/10 dari penjualan Samsung tahun 2021. Dengan kata lain, Google butuh 60 tahun untuk menjual ponsel sebanyak penjualan Samsung dalam setahun," kata Savov melalui Twitter pribadinya.

Pasalnya, Samsung merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia. Sementara Google hanya menjual Pixel di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya.

Alhasil, cukup wajar bila kesenjangan penjualan Google dan Samsung terpaut jauh.

Rata-rata penjualan Google Pixel per tahun

Penjualan Pixel sejauh ini cukup dinamis karena terkadang sesuai target atau justru meleset dari perkiraan. Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Jumat (7/10/2022) penjualan Pixel rata-rata sekitar 4,6 juta unit per tahun.

Namun, pada 2019 perusahaan mendulang kesuksesan dengan menjual Pixel sebanyak 7,2 juta unit, didorong oleh Pixel 3a. Setelah tahun tersebut, atau ketika Pixel 4 diluncurkan, penjualannya tak begitu signifikan.

Penjualan Pixel kembali merangkak pada tahun 2020, atau ketika Google meluncurkan Pixel 6. Saat itu Google mengeklaim penjualan Pixel 6 mengalahkan penjualan gabungan Pixel 4 dan Pixel 5.

Google sendiri saat ini baru saja meluncurkan Pixel generasi terbaru yakni Pixel 7 series. Ponsel ini disebut akan membantu Google mendongkrak penjualan Pixel series menjadi 30 juta unit.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/07/13000067/butuh-60-tahun-bagi-google-untuk-saingi-penjualan-hp-samsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke