Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi yang "Sulap" HP Android Jadi Mirip iPhone 14 Pro Diunduh 1 Juta Kali

KOMPAS.com - Dynamic Island menjadi daya tarik iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Fitur ini membuat kedua iPhone teranyar itu memiliki poni unik yang bisa berubah bentuk.

Tidak hanya penggemar iPhone, pengguna Android juga penasaran dengan fitur Dynamic Island. Untungnya, ada satu aplikasi yang bisa "menyulap" ponsel Android seolah mirip iPhone 14 Pro. Aplikasi itu adalah DynamicSpot.

Aplikasi ini kini sudah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store. Padahal, DynamicSpot baru dirilis pada 29 September lalu.

Peringkat aplikasi ini juga cukup positif, yaitu 4.2 dari total 5 peringkat. Hal ini menjadi indikasi bahwa DynamicSpot menawarkan fitur yang dapat berjalan dengan baik di mayoritas ponsel Android pengguna.

Seperti Dynamic Island di iPhone 14 Pro, DynamicSpot menawarkan animasi untuk mengakomodasi notifikasi dan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Misalnya, melihat atau mengakses notifikasi terbaru atau menampilkan kontrol pemutar musik.

Secara teknis, aplikasi ini memanfaatkan lubang kamera ponsel Android untuk menampilkan fitur ala Dynamic Island. Jadi, ponsel Android apapun bisa disulap seperti iPhone 14 Pro asalkan memiliki lubang kamera dan berjalan dengan OS Android 9 atau lebih tinggi.

Pengembang DynamicSpot, Jawomo, mengeklaim aplikasinya ini sudah mendukung sejumlah besar aplikasi Android. Dengan begitu, beragam notifikasi dari berbagai aplikasi dapat diakomodasi pada tampilan DynamicSpot. Jawomo juga mengatakan akan menghadirkan lebih banyak fitur di waktu mendatang, dilansir KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (7/10/2022).

Dynamic Island ala Xiaomi

Setelah Apple memperkenalkan Dynamic Island, Xiaomi juga kabarnya sedang mengembangkan fitur serupa.

Meskipun belum dirilis resmi oleh Xiaomi, seorang developer MIUI asal China sudah membuat tema yang bisa "menyulap" HP Xiaomi agar tampak seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tema itu bernama "Grumpy UI".

Kabar ini dibagikan oleh seorang YouTuber teknologi bernama Vaibhav Jain di Twitter. Lewat akun dengan handle @vvaiibhav, Jain mengunggah sebuah video yang menunjukkan tema Grumpy UI Mirip seperti di Dynamic Island.

Namun karena notch di Grumpy UI hanya artifisial, fungsi dan kemampuannya terbilang berbeda dibanding Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Grumpy UI menampilkan elemen berbentuk pil dan lingkaran yang terpisah. Kendati demikian, ukuran notch Dynamic Island maupun di Grumpy UI, sama-sama bisa berubah sesuai penggunaan ponsel.

Dihimpun KompasTekno dari Notebook Check, Grumpy UI sudah tersedia di Theme Store. Akan tetapi, tampaknya tema itu tidak tersedia bagi pengguna HP Xiaomi di luar wilayah China.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/07/16000097/aplikasi-yang-sulap-hp-android-jadi-mirip-iphone-14-pro-diunduh-1-juta-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke