Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Setting APN Tri buat Akses Internet di HP Android dan iPhone

KOMPAS.com - Cara setting APN Tri, baik di handphone (HP) Android maupun iPhone, dapat dilakukan dengan mudah. Perlu diketahui, APN atau singkatan dari Acces Point Name, merupakan sistem pengaturan nama titik koneksi di HP.

Fungsinya adalah untuk menghubungkan jaringan seluler HP dari operator dengan jaringan internet. Jadi, selain harus memiliki kuota data, pengguna juga perlu menambahkan pengaturan APN di HP supaya bisa akses internet dengan jaringan seluler.

Tiap operator seluler, tak terkecuali Tri, umumnya punya pengaturan APN. Pengguna yang pakai layanan Tri perlu menambahkan pengaturan APN di HP. APN Tri biasanya ditambahkan secara otomatis saat HP terhubung dengan jaringan seluler.

Namun, dalam beberapa HP, APN Tri harus ditambahkan secara manual. Lantas bagaimana cara mengatur APN Tri di HP Android atau iPhone? Untuk setting APN Tri, caranya bisa berbeda antara HP Android dengan iPhone.

Penjelasan yang lebih lengkap soal cara setting APN Tri di HP Android atau iPhone bisa dilihat di bawah ini.

Cara setting APN Tri

Setting APN Tri di Android

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Lalu, buka menu pengaturan yang bertajuk semacam ini “Jaringan Seluler” atau “Mobile Network Settings”.
  • Kemudian, pilih jaringan seluler Tri yang tengah digunakan saat ini dan klik opsi “APN”.
  • Ketik kode APN Tri ini “3data” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kosongkan kolom password dan username dalam pengaturan APN.

Setting APN Tri di iPhone

  • Buka menu “Settings”
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Seluler” dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman formulir pengaturan APN.
  • Ketik kode APN Tri ini “3data” (tanpa tanda kutip) di kolom yang tersedia. Kolom password dan username yang tersedia juga tak perlu diisi.

Setelah mengisi nama APN Tri, baik di HP Android maupun iPhone, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut. Kini, APN Tri berhasil ditambahkan di HP dan bisa dicoba untuk mengakses internet.

Sebagai informasi tambahan, APN juga tersedia pada operator-operator lain, tak hanya Tri. Namun, pengaturannya bisa berbeda-beda tiap operator. Misalnya, pengaturan APN Indosat adalah “Indosatgrps”, sedangkan Telkomsel “Internet”.

Cukup mudah bukan untuk setting APN Tri di HP? Demikianlah penjelasan seputar cara setting APN Tri supaya bisa mengakses internet di HP dengan jaringan seluler, sebagaimana dilansir laman resmi Tri, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/11/12150087/cara-setting-apn-tri-buat-akses-internet-di-hp-android-dan-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke