Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Downgrade Versi iOS di iPhone serta Syarat yang Perlu Diketahui

KOMPAS.com - Pengguna kadang kala butuh untuk menurunkan (downgrade) versi sistem operasi iOS untuk iPhone. Downgrade iOS biasanya diperlukan supaya iPhone dapat bekerja dengan normal kembali.

Pasalnya, setelah update iOS, tak jarang ditemui sejumlah masalah pada iPhone, misal kinerja menjadi lebih lambat, baterai boros, layar kurang responsif, terdapat aplikasi yang tidak mendukung, atau koneksi bluetooth tiba-tiba tidak bisa diaktifkan.

Untuk memperbaiki masalah semacam itu, salah satu solusinya adalah dengan downgrade iOS. Namun, apakah iPhone bisa downgrade iOS? Tiidak semua versi iOS dapat diturunkan. Downgrade IOS dapat dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Syarat downgrade iOS

Perlu diketahui, Apple sejatinya tidak memberikan akses secara bebas ke pengguna supaya bisa melakukan downgrade iOS di iPhone. Namun, pengguna tetap dapat downgrade iOS bila sesuai dengan syarat di bawah ini:

1. iOS Beta

iOS versi Beta (iOS Beta) merupakan versi iOS yang belum sempurna. Sebelum iOS versi final terbaru dirilis ke publik, iOS Beta digelontorkan lebih dulu ke publik dalam beberapa tahap untuk diuji coba. Fungsinya adalah untuk menyempurnakan iOS versi final yang akan dirilis.

iOS Beta di iPhone dapat diturunkan pengguna ke iOS versi lama yang stabil dan tersedia saat ini. Misalnya, versi iOS 16.1 Beta dapat diturunkan diturunkan ke versi iOS 16 biasa yang stabil.

2. Signed iOS

Kedua, selain pada iOS Beta, downgrade iOS juga dapat dilakukan pada versi signed iOS (iOS yang ditandatangani atau iOS yang valid). Tiap versi iOS pada dasarnya punya semacam tanda validitas dari Apple.

Dikutip dari iMobie, tanda validitas itu akan ditambahkan dan dicadangkan secara otomatis saat proses instalasi versi iOS di iPhone lewat aplikasi iTunes. Pengguna bisa melakukan downgrade saat masih terdapat versi signed iOS lama yang tercadangkan di iTunes.

Di sisi lain, sayangnya jangka waktu untuk downgrade iOS terbaru ke versi signed iOS lama, bisa dikatakan cukup singkat. Pasalnya, tanda validitas pada versi iOS lama bakal dihapus Apple setelah sekitar satu minggu versi iOS terbaru dirilis.

Bila telah dihapus, data signed iOS lama yang tercadangkan di iTunes tidak dapat diakses lagi. Sehingga, pengguna tak bakal bisa melakukan downgrade iOS, dari yang terbaru ke versi signed iOS lama, lewat iTunes.

Apabila dua syarat kondisi di atas terpenuhi maka pengguna bisa melakukan downgrade iOS melalui iTunes. Lantas, bagaimana cara downgrade iOS di iPhone? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara downgrade iOS di iPhone lewat iTunes.

Demikianlah penjelasan seputar cara downgrade iOS di iPhone dan syarat yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/11/16080047/cara-downgrade-versi-ios-di-iphone-serta-syarat-yang-perlu-diketahui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke