Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online yang Tengah Ramai di TikTok

KOMPAS.com - Di media sosial, seperti TikTok, beberapa waktu belakangan ramai dengan unggahan yang memuat konten mengenai layanan kalkulator kesehatan mental. Keramaian ini berselang setelah peringatan hari Kesehatan Mental Dunia pada Senin lalu (10/10/2022).

Dari beberapa unggahan yang beredar, tampak pengguna membagikan hasil tes online dari kondisi mental health atau kesehatan mentalnya. Tes kesehatan mental online itu dapat diakses melalui situs web “Laluibersama.com”.

Untuk diketahui, website “Laluibersama.com” sendiri menyediakan layanan untuk menghitung kondisi mental health seseorang (kalkulator kesehatan mental). Perhitungan itu dihasilkan dari jawaban-jawaban pengguna atas beberapa pertanyaan.

Setelah semua pertanyaan terjawab, website bakal menghasilkan nilai kecenderungan kondisi mental pengguna. Kondisi tersebut dibagi menjadi tiga kategori gangguan mental, yakni depresi, cemas, dan stres.

Selain website “Laluibersama.com”, berdasar penelusuran KompasTekno, ada pula website “Mhanational.org”, yang turut memiliki layanan kalkulator kesehatan mental. Bila hendak mencoba, lalu bagaimana cara cek kesehatan online lewat dua website itu?

Penjelasan yang lebih lengkap soal dua link kalkulator kesehatan mental online dari website “Laluibersama.com” dan “Mhanational.org”, serta cara ceknya, bisa dilihat di bawah ini.

2 link kalkulator kesehatan mental online

1. Cara cek kesehatan mental online via “Laluibersama.com”

Website “Laluibersama.com” dikembangkan oleh Airlangga Research Group for Translational Medicine and Therapeutics dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Untuk melakukan tes kesehatan mental online lewat website ini, begini caranya:

Di “Mhanational.org”, terdapat beberapa jenis tes yang dibagi berdasar jenis gangguan mental, seperti tes depresi, tes kecemasan, tes gangguan makan, tes bipolar, dan sebagainya. Untuk mulai tes kesehatan mental online di website ini, begini caranya:

Cukup mudah bukan untuk menggunakan layanan kalkulator kesehatan mental online? Penting untuk dicatat, baik layanan di “Laluibersama.com” maupun “Mhanational.org”, hasilnya bukan merupakan sebuah diagnosis yang akurat.

Dua layanan kalkulator kesehatan online tersebut hanyalah bantuan sementara. Supaya mendapat hasil pemeriksaan kesehatan mental yang akurat dan penanganan yang tepat, silakan kunjungi ahli terkait, seperti psikolog atau psikiater.

Demikianlah penjelasan seputar dua cara cek kesehatan mental online via website “Laluibersama.com” dan “Mhanational.org”, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/12/14150017/2-link-kalkulator-kesehatan-mental-online-yang-tengah-ramai-di-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke