Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biznet Klaim Layanan Internetnya Jangkau Lebih dari 180 Kota di Indonesia

Hingga saat ini, layanan internet Biznet diklaim sudah tersebar ke lebih dari 180 kota di Pulau Jawa, Bali, Bangka, Batam, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Flores, dan Timor.

"Kami punya cakupan area bukan cuma di Pulau Jawa saja, tapi sudah ada sampai Pulau Sulawesi, Flores, hingga Pulau Sumatera," jelas Adrianto Sulistyo, Senior Manager Marketing Biznet dalam sebuah acara temu media yang berlangsung di Jimbaran, Bali, Selasa (11/10/2022).

Adri menambahkan, pada tahun 2022, jaringan fiber optic Biznet mulai hadir di Samarinda (Kalimantan Timur), Balikpapan (Kalimantan Timur), Pangkalpinang (Bangka-Belitung), dan Sungai Liat (Bangka-Belitung).

Untuk meningkatkan kapasitas jaringan di masa mendatang, Biznet kini sedang melakukan pembangunan jaringan kabel fiber optic bawah laut yang akan menghubungkan Pulau Jawa, Sumatera dna Bangka, dengan Biznet Submarine Cable System-1 (BNCS-1).

Kabel sepanjang 100 kilometer ini akan tersambung dari Anyer dan Serang (Jawa) ke Kalianda, Sungsang, dan Banyuasin (Sumatera), serta Muntok (Bangka).

Adri mengatakan, proyek ini ditargetkan rampung pada kuartal I-2023 atau sekitar bulan Maret tahun depan.

"Itu tinggal nyambung aja di bawah laut, karena kabel di daratnya semua udah siap. Begitu kabel tersambung, langsung nyala semuanya," jelas Adri.

Harapannya, penyambungan kabel laut ini akan meningatkan kapasitas internet di Sumatera.

Bandwidth di wilayah Sumatera yang tadinya hanya 50 Mbps, diharapkan mampu meningkat menjadi 100 Mbps seperti di Pulau Jawa.

Rencananya, Biznet akan terus memperluas jangkauannya di 3-4 kota baru tahun depan.

"Kita ingin fokus untuk memperbesar cakupan layanan ke kota kota kecil. Kita punya strategi (mengembangkan layanan) dari desa ke kota. Ini yang akan kita kembangkan lebih banyak ke depannya," kata Adi Kusma, President Director Biznet yang juga turut hadir dalam acara.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/12/16000097/biznet-klaim-layanan-internetnya-jangkau-lebih-dari-180-kota-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke