Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kerja di Apple? 4 Skill Ini Wajib Dimiliki

Jika iya, ada beberapa hal yang wajib Anda miliki agar bisa diterima bekerja di perusahaan besutan Steve Jobs ini. Dalam sebuah wawancara, CEO Apple, Tim Cook membeberkan apa saja skill yang wajib dimiliki calon pegawai Apple.

Berikut empat hal yang wajib dimiliki jika ingin bekerja di Apple, menurut Tim Cook.

Menurut Cook, bisa bekerja sama dalam tim menjadi keterampilan yang penting bagi siapapun yang ingin bekerja di Apple. Sebab, dengan bekerja sama, perusahaan dapat menciptakan produk yang berkualitas.

Strategi dari produk yang dihasilkan perusahaan adalah kerja sama. Cook memercayai bahwa partisipasi dari setiap individu sangat berperan penting bagi produk yang sedang dikembangkan.

“Kami percaya bahwa kontribusi yang besar dari individu sangat penting, namun jika dua individu yang kuat dapat bekerja sama, mereka akan menghasilkan pekerjaan yang luar biasa. Dan tim kecil dapat melakukan hal yang luar biasa juga,” imbuh Cook.

Memiliki kreativitas

Selain mau bekerja sama, memiliki kreativitas juga menjadi aspek yang penting. Oleh karena itu, Apple kerap kali menjadi kandidat-kandidat yang memiliki pemikiran yang berbeda, alias out of the box.

“Kamu mencari orang yang berpikir (dengan cara) yang berbeda, yang dapat melihat masalah dan tidak terjebak persepsi “masalah” yang umumnya dilihat (raong secara umum),” papar Cook.

Oleh karena itu, Cook menegaskan bahwa perusahaannya akan mencari seseorang yang dapat “berjalan di sekitar masalah” dan mampu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Melalui kreativitas yang dimiliki, mereka akan menemukan solusi.

Mengajukan pertanyaan karena tidak paham/mengerti tentang suatu hal adalah hal yang sangat lumrah. Menurut Apple, tidak ada pertanyaan yang buruk. Justru perusahaan mencari siapa saja kandidat yang “haus” akan pengetahuan.

“Akan sangat menakjubkan bila seseorang mulai mengajukan pertanyaan layaknya anak-anak, dan bagaimana hal itu akan memberi tekanan kepada orang yang ditanyai untuk memikirkan jawaban yang tepat. Jadi, kami mencari keingintahuan orang-orang seperti ini,” jelas Cook, dihimpun dari Gizchina, Minggu (16/10/2022).

Memiliki keahlian

Keahlian yang dimaksud merujuk pada pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Tentunya, dalam hal ini, Apple menegaskan bahwa setiap karyawan perusahaan harus memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

“Jika kita melakukan suatu hal di bidang desain industri, kita perlu seseorang yang paham akan desain industri dan memiliki keahlian di dalamnya, baik saat semasa kuliah ataupun (pengalaman) kerja mereka,” kata Cook.

Keempat aspek yang sudah dibagikan di atas telah menjadi pegangan Cook dan Apple dalam merekrut karyawan baru selama bertahun-tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/16/10000057/ingin-kerja-di-apple-4-skill-ini-wajib-dimiliki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke