Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Tulisan Berjalan atau Running Text di HP yang Tengah Ramai

KOMPAS.com - Di media sosial, seperti TikTok atau Instagram, beberapa waktu belakangan tengah diramaikan unggahan video yang memuat konten tulisan berjalan pada layar handphone (HP). Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihat video seperti itu.

Secara pengoperasian, tulisan berjalan di HP tersebut hampir mirip seperti papan reklame digital. Jadi, tulisan dengan pesan dan warna tertentu dapat bergulir perlahan secara otomatis, dari sisi kiri ke kanan layar HP atau sebaliknya.

Dengan pengoperasian layaknya papan reklame digital, tulisan berjalan di HP kerap dijuluki pula dengan Running Text. Biasanya, pengguna memakai Running Text di HP untuk menyampaikan pesan ke seseorang dengan cara yang unik.

Tulisan berjalan di HP, baik di HP Android atau iPhone, pada dasarnya tidak bisa dibuat dengan mengandalkan aplikasi bawaan. Lantas, bagaimana cara membuat tulisan berjalan di HP? Membuat tulisan berjalan di HP bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga.

Adapun salah satu contoh aplikasi tulisan berjalan di HP adalah LED Banner, yang tersedia pada toko aplikasi untuk iPhone, App Store. Melalui LED Banner, Anda bisa membuat tulisan berjalan di HP dengan berbagai pilihan warna.

Sudah penasaran untuk membuat Running Text di HP? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat tulisan berjalan di HP dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga LED Banner.

Cukup mudah bukan untuk membuat tulisan berjalan di HP? Penting untuk diketahui, cara di atas sendiri dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16. Sementara itu, bila hendak membuat tulisan berjalan di HP Android, aplikasinya beda lagi.

Di HP Andorid, terdapat beberapa aplikasi tulisan berjalan, salah satunya adalah LED Scroller. Aplikasi tulisan berjalan tersebut bisa diunduh lewat toko aplikasi HP Android, Google Play Store.

Kendati beda aplikasi, namun cara membuat tulisan berjalan di HP Android lewat LED Scroller bisa dikatakan hampir sama dengan di iPhone via LED Banner. Jadi, Anda juga cukup memasukkan tulisan dan mengatur warnanya, lalu ketuk tombol untuk memulai.

Saat tombol mulai diketuk, HP Android bakal menayangkan tulisan berjalan dengan format yang telah diatur sebelumnya. Demikianlah penjelasan seputar cara membuat tulisan berjalan di HP yang tengah ramai dengan mudah, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/16/14150027/cara-membuat-tulisan-berjalan-atau-running-text-di-hp-yang-tengah-ramai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke