Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita YouTuber Dream, "Resign" dari Apple untuk Jadi Bintang YouTube

Sebelumnya, setiap kali membuat konten di YouTube, Dream tidak menampilkan wajahnya, hanya memainkan game yang disertai suara saja. Jika tampil di kamera, Dream juga selalu menutup mukanya dengan topeng smiley putih.

Wajah asli Dream ia ungkap dalam video di kanal YouTube pribadinya yang berjudul “hi, I’m Dream”. Di video tersebut, ia mengatakan bahwa nama aslinya adalah Clay dan dikenal sebagai Dream secara online. Video tersebut hingga kini telah ditonton lebih dari 40 juta kali.

Setelah mengungkap wajah dan nama aslinya lewat YouTube, Dream melakukan pertemuan langsung dengan beberapa penggemarnya dalam sebuah acara tahunan Twitch di San Diego, Jumat (9/10/2022) lalu.

Kehadiran Dream disambut sangat meriah oleh para penonton dan penggemarnya. Dalam acara tersebut, ia menceritakan proses dari awal mengembangkan bisnis sebagai kreator di YouTube.

Pernah kerja di Apple

Ternyata, sebelum menjadi kreator game sepenuhnya di YouTube, Dream sempat bekerja di perusahaan Apple. Namun, ia tidak merinci apa jabatan atau divisi tempat ia bekerja.

Setelah beberapa lama membuat kanal YouTube, Dream akhirnya memutuskan untuk berhenti dari Apple. Ia tidak menyebut kapan berhenti dari Apple, namun saat itu, ia mengaku memiliki tabungan 20.000 dollar AS atau sekitar Rp 307 jutaan.

Setelah resign, Dream lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer membuat konten. Ia pun mencoba berbagai aktivitas lain seperti mengelola konten, meng-edit video, hingga bermain game.

“Saya bangun, ke depan komputer, meninggalkan komputer, makan, lalu ke depan komputer lagi, kemudian tidur. Kadang menonton TV atau hal lain,” ujar Dream, dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (16/10/2022).

Rutinitas tersebut ia lakukan setiap hari selama bertahun-tahun untuk bisa menjadi selebritas YouTube seperti sekarang.

Meski memulai kanalnya pada 2014, nama Dream baru mulai dikenal saat pandemi, tepatnya di awal tahun 2020. Video-videonya kala itu mendapat jumlah view rata-rata 20 jutaan.

Ia pun masuk dalam daftar "top breakout", kanal dengan jumlah subscriber yang melejit. Kala itu, subscriber Dream mencapai 12 juta.

Video-video yang dibagikan Dream antara lain berbagi tips seputar game Minecraft, cara melewati rintangan, membuat video Minecraft lucu, atau membuat video alur cerita (plot) dengan karakter Minecraft bersama teman-teman online-nya.

Sejak saat itu, jumlah subscriber Dream terus meningkat hingga menjadi 30 juta hingga saat ini, atau dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/16/19460017/cerita-youtuber-dream-resign-dari-apple-untuk-jadi-bintang-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke