Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Baru YouTube Music, Bisa Share Lagu ke IG Stories seperti Spotify

Salah satunya adalah fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna, yaitu fitur untuk berbagi lagu/album yang sedang dimainkan ke Instagram Stories (IG Stories), mirip seperti di Spotify.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (22/10/2022), fitur share musik ke IG Stories sudah tersedia dan bisa dijajal oleh pengguna setia YouTube Music di Indonesia. Fitur ini muncul di aplikasi YouTube Music versi 5.29.52 di ponsel Android.

Cara membagikan musik dari YouTube Music ke IG Stories juga mudah. Kamu hanya perlu memilih lagu/album musik yang ingin dibagikan. Lalu, klik ikon "berbagi/share". Lalu, pilih opsi "Instagram".

Nantinya, kamu akan dialihkan ke jendela Instagram Stories. Di sana, kamu akan bisa melihat gambar cover lagu/album lengkap dengan judul lagu/album dan nama penyanyinya. Kamu tinggal klik "Your Story" atau "Close friends" untuk membagikan lagu tersebut.

Statistik YouTube Musik per 7 hari

YouTube Music kini juga menyediakan statistik aktivitas pengguna di aplikasi selama seminggu terakhir bernama "Last 7 Days" (7 hari terakhir).

Statistik Last 7 Days ini menyediakan rangkuman dari lagu-lagu, musisi, dan playlist yang paling sering didengarkan selama sepekan terakhir, seperti gambar di bawah.

Untuk mengakses statistik Last 7 Days di YouTube Music, kamu hanya perlu klik foto profil di pojok kanan atas. Lalu, klik menu "Your channel". Nah, nantinya kamu langsung bisa melihat statistik Last 7 Days.

Fitur ini berguna untuk melihat lagu, musisi, dan plalist yang paling sering diulangi. Kamu juga bisa melihat informasi seberapa sering dan seberapa lama lagu, penyanyi, dan playlist dimainkan dalam tujuh hari terakhir.

Untuk mengakses Winter Recap, kamu tinggal klik foto profil di pojok kanan atas. Lalu, klik menu "Your Recap". Nah, nantinya kamu bisa langsung melihat Winter Recap 2022 dan playlist Recap sebelum-sebelumnya.

Secara umum, YouTube Music Recap ini berisi 50-99 lagu yang paling banyak diputar pengguna dalam beberapa bulan terakhir.

YouTube Recap juga berisi statistik tiga lagu paling banyak dimainkan, tiga musisi yang paling banyak didengarkan lagunya, lima playlist/album pengguna yang paling sering dimainkan, hingga tiga genre musik terfavorit pengguna.

Statistik YouTube Music Recap ini bisa di-share ke platform lain, termasuk Instagram Stories.

Adapun konten yang ada di fitur Other performances ini berupa video/audio cover dari penggemar, pertunjukan langsung yang direkam oleh penonton konser, video lirik musik, remix musik, dan banyak lagi.

Kamu bisa melihat opsi "Other performance" dengan mengeklik opsi "Related" ketika sedang mendengarkan musik di YouTube Music.

Replay Mix

YouTube Music turut merilis varian baru dari Your Mix, daftar putar (playlist) otomatis yang direkomendasikan untuk pengguna.

Tahun lalu, YouTube memperkenalkan tujuh jenis "Your Mix" untuk pengguna. Nah, kini, YouTube menghadirkan "Replay Mix" yang berisi daftar putar yang menyertakan 92 lagu-lagu yang paling sering diputar pengguna dalam beberapa minggu terakhir.

Ada pula playlist "My Supermix" yang berisi 100 lagu dari berbagai genre yang dipaling sering diputar pengguna dalam beberapa minggu terakhir.

Seluruh rekomendasi lagu di playlist di Your Mix ini bakal terus diperbarui (update) mengikuti selera musik pengguna yang ditangkap oleh algoritma YouTube Music, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/22/18000027/5-fitur-baru-youtube-music-bisa-share-lagu-ke-ig-stories-seperti-spotify

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke