Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Ejek iOS 16 lewat Video Iklan OneUI 5.0

Update tampilan antarmuka tersebut diungkap perusahaan melalui video singkat berdurasi 2 menit 16 detik di kanal YouTube Samsung dengan judul “One UI 5: Official Introduction Film | Samsung”.

Dalam video tersebut, Samsung memperkenalkan sejumlah fitur baru yang dibawa oleh OneUI 5.0. Salah satunya fitur personalisasi layar lockscreen yang mirip iOS 16.

Di detik ke-46, Samsung “mengejek” Apple dengan memunculkan sebuah pernyataan “Trully make it your own”. Pernyataan tersebut seolah menjadi jawaban pernyataan Apple saat memperkenalkan iOS 16-nya, yaitu “Make iPhone Your Own”.

Fitur-fitur One UI 5 yang dihadirkan Samsung juga memiliki kemiripan dengan fitur-fitur iOS 16 Apple. Fitur pertama yang diperkenalkan adalah pengguna dapat melakukan personalisasi lockscreen pengguna, meskipun layar ponsel sedang terkunci.

Pengguna tidak perlu mengunjungi “Settings” (Pengaturan) untuk melakukan perubahan layar lockscreen. Ringkasnya, fitur tersebut mirip dengan iOS 16 yang memungkinkan pengguna melakukan personalisasi terhadap layar lockscreen mereka.

Fitur kedua, pengguna dapat menggunakan video sebagai foto latar (wallpaper) perangkat. Pilihan lainnya, pengguna dapat menggunakan template yang sudah disediakan oleh sistem melalui fitur “Dynamic Wallpaper”.

Jadi, foto latar akan berganti secara otomatis, bergantung pada foto yang dipilih sebelumnya.

OneUI 5.0 juga meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas perangkat. Misalnya, pengguna dapat mengerjakan tugas/membuka aplikasi sekaligus dalam layar yang sama.

Layar perangkat akan terbagi ke dalam beberapa jendela aplikasi. Jendela aplikasi tersebut akan menyesuaikan jumlah aplikasi yang dijalankan pengguna. Misal ada dua aplikasi yang dijalankan, maka layar akan menampilkan aplikasi satu di sisi atas, dan aplikasi kedua di bagian bawahnya.

Fitur keempat adalah Sleep Mode and Activity Routines. Fitu Sleep Mode memungkinkan perangkat secara otomattis mengatur beberapa pengaturan ketika fitur Sleep Mode diaktifkan. Sebagai contoh, mengubah suara ponsel atau menyesuaikan tingkat kecerahan layar.

Sedangkan, fitur Activity Routines memungkinkan perangkat secara otomatis memberikan notifikasi pengingat terkait kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan. Sehingga mempermudah pengguna untuk lebih fokus saat melakukan rutinitas tertentu.

Lalu, di fitur yang kelima, pengguna sudah dapat menumpuk widgets di tampilan utama home screen. Adanya kebaruan ini, layar perangkat bisa lebih simpel dan tampil minimalis.

Sebab, sebelumnya, widgets hanya dapat diletakkan secara terpisah, sehingga beberapa pengguna yang menambahkan banyak widgets di Home screen, layar akan terlihat padat.

Dua fitur terakhir, OneUI 5.0 hadir dengan peningkatan keamanan privasinya dan fitur Bixby Text Call. Perangka akan langsung mengirimkan notifikasi ketika malware yang berpotensi melakukan pencurian data.

Sementara itu, fitur Bixby kali ini dapat mengirimkan pesan teks melalui suara, dan sebaliknya. Pesan suara yang dikirim dapat berubah menjadi suara.

Untuk lebih lengkapnya, simak laman resmi Samsung Indonesia di sini atau tonton video Youtube Samsung di sini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/26/09000007/samsung-ejek-ios-16-lewat-video-iklan-oneui-5.0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke