Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vivo Funtouch OS 13 Meluncur, Ini Deretan Fitur Barunya

KOMPAS.com - Vivo resmi meluncurkan user interface (UI) atau antarmuka baru Funtouch OS 13 ke semua pengguna secara global. UI ini didasarkan pada sistem operasi (OS) Android 13, yang merupakan OS terbaru Android saat ini.

Funtouch OS 13 hadir dengan opsi personalisasi baru yang lebih baik. Selain itu, UI ini juga menawarkan opsi privasi dan keamanan yang ditungkatkan, hingga pengalaman navigasi menu kontrol yang lebih lancar.

Pembaruan Funtouch OS 13 versi stabil mulai digulirkan Vivo secara global untuk Vivo X80 Pro pada 24 Oktober. Vivo juga mengatakan pembaruan UI ini akan digulirkan secara bertahap ke lebih banyak pengguna di berbagai negara pada pertengahan November, Desember, dan awal tahun depan.

Tak hanya ponsel seri Vivo, sub-brand Vivo, iQoo juga akan kebagian pembaruan Funtouch OS 13. Versi beta dari UI tersebut akan digulirkan ke ponsel seri iQoo mulai akhir Oktober ini, disusul versi stabil untuk berbagai model iQoo dalam beberapa waktu mentang.

Fitur baru Funtouch OS 13

  • Ikon monokrom

Funtouch OS 13 menawarkan kemampuan personalisasi tambahan untuk grafis pada layar utama ponsel. Dengan dukungan ini, pengguna bisa mengatur ikon pada layar utama agar selaras dengan background dan antarmuka ponsel menggunakan ikon bertema monokrom.

Selain itu, dukungan ini juga memungkinkan pengguna menyesuaikan warna UI dan aplikasi bawaan ponsel, misalnya untuk panel notifikasi, kontrol volume, kalkulator serta jam.

  • Keamanan

Pada aspek keamanan, Funtouch OS 13 dilengkapi dengan fitur penyematan (pinning) aplikasi dua lapis. Dalam praktiknya, fitur ini akan menyembunyikan aplikasi tertentu sesuai pilihan pengguna, dari layar ponsel. Fitur ini ditujukan untuk memblokir akses ponsel dari orang lain yang bukan pemiliknya.

Selain aplikasi, fitur ini juga memungkinkan pengguna menyembunyikan foto maupun video tertentu yang mungkin tak ingin diperlihatkan ke orang lain ketika ponsel berada di tangan bukan pemilik.

  • iManager

iManager bertugas memonitor waktu penggunaan aplikasi dan meringkas pengalaman pengguna agar mengoptimalkan kinerja ponsel. Dengan iManager, pengguna bisa memangkas aplikasi yang sedang berjalan dan mengonsumsi daya CPU dalam jumlah tinggi sehingga suhu ponsel bisa tetap stabil tanpa peningkatan yang signifikan.

  • Indeks kualitas udara

Funtouch OS 13 juga akan menampilkan kualitas udara di sekitar pengguna, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (26/10/2022). Indeks ini akan ditampilkan bersamaan dengan informasi cuaca, seperti suhu udara, kelembapan dan tekanan udara serta informasi lainya.

  • Viewfinder profesional

Vivo juga membuat tampilan viewfinder (jendela bidik) kamera tampak lebih profesional untuk membantu memudahkan aktivitas fotografi. Pada Funtouch OS 13, viewfinder akan menampilkan cincin pengunci fokus hingga stabilisasi agar pengguna mendapatkan hasil foto yang lebih baik.

  • Edit video

Funtouch OS 13 memungkinkan pengguna untuk membungkam suara dari video yang sedang diedit. Pengguna juga bisa menyesuaikan volume setiap segmen dalam video terkait. Dengan begitu, video yang diedit akan tampak profesional meskipun hanya diambil menggunakan ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/26/17450017/vivo-funtouch-os-13-meluncur-ini-deretan-fitur-barunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke