Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kominfo Siapkan Layanan Bantuan Jelang Suntik Mati TV Analog 2 November

Namun, ASO pada 2 November hanya berpengaruh pada sebagian wilayah Indonesia saja, yakni meliputi 222 wilayah termasuk 9 kapubaten di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Awalnya, pemerintah merencanakan bahwa siaran TV analog di Indonesia akan dimatikan selambat lambatnya pada 2 November mendatang.

Sekitar seminggu menuju ASO 2 November, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan pihaknya mendirikan posko untuk masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai migrasi siaran televisi analog ke digital.

Bagi masyarakat yang masih bingung soal peralihan siaran analog ke digital ini, Kominfo telah menyediakan posko melalui kontak layanan di nomor telepon 159 atau chatbot WhatsApp di nomor 08118202208.

Masyarakat juga bisa mengakses laman website resmi Kominfo di URL https://siarandigital.kominfo.go.id/ untuk informasi soal Analog Switch Off.

“Kami akan meneliti untuk beberapa wilayah kabupaten dan kota atau provinsi di Indonesia untuk segera dilakukan Analog Switch Off sesuai kesiapan wilayah masing-masing. Pada saat Analog Switch Off Jabodetabek, pemerintah juga menyiapkan posko,” Kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, sebagaimana dikutip KompasTekno melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (27/10/2022).

Johnny menjelaskan, kehadiran posko bantuan ini secara khusus bertujuan agar masyarakat miskin yang membutuhkan perangkat set top box (STB) agar TV non-digital milik mereka bisa menangkap siaran TV digital.

“Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set-top-box bagi keluarga miskin, maka Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin,” kata Johnny.

Selain menyempurnakan infrastruktur MUX di wilayah Jabodetabek, Kominfo dan TV swasta juga membagikan STB bagi rumah tangga miskin.

Menurut Johnny, distribusi STB bagi keluarga miskin di Jabodetabek sudah mencapai 98,44 persen dari rasio 359.617 unit kewajiban Kominfo.

"Distribusi telah mencapai 98,44 persen dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 unit set top box dan seluruh penyelenggara multipleks menyediakan 112.484," kata Johnny awal pekan ini.

Dari total 479.000 rumah tangga miskin di Jabodetabek, Kominfo sendiri bertugas menyiapkan menyiapkan 76 persen STB, sementara TV swasta menyediakan 24 persen.

Untuk STB gratis secara nasional, per data Januari 2022, Kominfo mengatakan bahwa total STB gratis yang tersedia berjumlah 5.177.760 unit. Angka STB gratis itu berasal dari komitmen Penyelenggara Multiplexing dan Kemenkominfo.

Namun, hingga kini, beluma ada perkembangan informasi lebih lanjut soal total STB gratis yang akan dibagikan secara nasional dan berapa persentase distrubusi STB gratis yang sudah berjalan hingga kini.

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya. 

Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/28/07000027/kominfo-siapkan-layanan-bantuan-jelang-suntik-mati-tv-analog-2-november

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke