Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Pengguna Aktif Instagram Tembus 2 Miliar, Makin Dekati Facebook

Dalam laporan tersebut, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini mengungkap bahwa pengguna aktif Instagram saat telah mencapai sekitar 2 miliar orang.

Angka tersebut mulai mendekati jumlah pengguna aktif bulanan Facebook yang kurang lebih mencapai 2,96 miliar orang.

Hal ini mengindikasikan bahwa Instagram mulai dilirik oleh lebih banyak pengguna masa kini dibanding Facebook.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa peningkatan jumlah pengguna ini bisa terjadi berkat berbagai fitur dan produk baru yang ada di platform-platform yang berada di bawah naungan Meta.

"Komunitas kami terus berkembang dan saya senang bahwa aplikasi kami dapat menciptakan interaksi yang kuat antar-pengguna, tentunya didorong dengan berbagai fitur, layanan, dan produk baru kami seperti Reels," ujar Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Meski demikian, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram dan Facebook belum melampaui jumlah pengguna aktif WhatsApp yang diklaim mencapai 3,71 miliar orang.

Hal ini bisa dibilang wajar. Sebab, format WhatsApp, yang merupakan aplikasi percakapan (chatting) yang lebih intensif digunakan, berbeda dengan format Facebook dan Instagram yang merupakan media sosial berbasis foto dan video yang digunakan sewaktu-waktu.

Masih soal pengguna, dalam laporan keuangan Meta, mereka merangkum jumlah pengguna aktif harian dan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook, Instagram, Messenger, hingga WhatsApp dalam kategori "Family of Apps".

Untuk kuartal-III 2022, Meta mencatat ada sekitar 2,93 miliar pengguna Family of Apps yang masuk (login) atau menggunakan aplikasi-aplikasi Family of Apps setidaknya satu hari sekali  (Daily Active People/DAP).

Lalu, mereka juga mencatat ada sekitar 3,65 miliar pengguna Family of Apps yang login ke aplikasi-aplikasi Meta setidaknya satu bulan sekali (Monthly Active People/MAP).

Terlepas dari jumlah pengguna, Meta juga melaporkan bahwa dalam periode Juli-September 2022, mereka mencatatkan pendapatan (revenue) mencapai 27,71 miliar dollar AS (sekitar Rp 431 triliun), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari iMore, Jumat (28/10/2022).

Laporan keuangan Meta untuk kuartal-III 2022 secara lengkap bisa dibaca di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/28/13000017/jumlah-pengguna-aktif-instagram-tembus-2-miliar-makin-dekati-facebook

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke