Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hands-on Xiaomi Redmi A1, HP "Entry Level" dengan Android Murni

Sebagai ponsel entry-level, Redmi A1 dijual dengan harga mulai Rp 1,1 juta. Meski diposisikan sebagai ponsel murah, Redmi A1 tampil dengan layar yang luas serta baterai besar.

Lain dengan ponsel Redmi pada umumnya, Redmi A1 berjalan dengan sistem operasi Android Go atau Android versi ringan.

Selain itu, antarmuka ponsel ini juga dilapisi oleh antarmuka (UI) bawaan Android atau disebut Android Stock, bukan dipoles antarmuka Xiaomi yang dikenal sebagai MIUI.

Yang menarik, Redmi A1 dirilis bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda. Tak hanya tanggal peluncurannya, tema serta kotak kemasan Redmi A1 juga didesain khusus dengan nuansa Indonesia, berkolaborasi bersama salah satu Xiaomi fans Tanah Air.

KompasTekno berkesempatan menggenggam Redmi A1 varian RAM 2/32 GB warna hitam. Bagaimana impresi awal kami pada ponsel ini? Berikut ulasannya.

Tekstur kulit yang bikin nyaman digenggam

Redmi A1 dikemas dengan kotak bergambar nuansa budaya Indonesia. Di boks tersebut, terdapat gambar seseorang yang menggenggam ponsel sembari menaiki kerbau dan beberapa orang lainnya di sebuah sungai dengan latar belakang rumah Tongkonan serta candi Borobudur.

Desain ini membuat tampilan box Redmi A1 berbeda dibanding seri Redmi atau Xiaomi lainnya, sehingga membuat kesan spesial ketika melihatnya.

Menurut Xiaomi, desain ini dibuat oleh Sigit Setyo Nugroho, yaitu salah seorang Xiaomi fans Indonesia.

Untuk unitnya, Redmi A1 dibalut dengan penampang dengan tekstur kasar, mirip kulit. Material ini sendiri cukup jarang diadopsi oleh vendor smartphone, apalagi untuk kategori smartphone murah.

Tekstur tersebut membantu mengurangi efek licin ketika ponsel digenggam.

Bagian punggung Xiaomi Redmi A1 juga dihias dengan modul kamera yang minimalis karena bentuknya tak begitu menonjol.

Beralih ke bagian depannya, Xiaomi Redmi A1 dibekali dengan layar 6,52 inci dan resolusi HD Plus. Layarnya dihias dengan poni dot-drop yang menampung kamera depan.

Seperti disinggung di awal, Redmi A1 dibalut dengan tema bernuansa Indonesia. Pasalnya ketika ponsel dinyalakan dan proses set up awal selesai, pengguna disuguhkan dengan wallpaper berwarna merah dan putih. Wallpaper ini diatur pada layar utama serta layar kunci ponsel.

Karena Redmi A1 menggunakan Android murni, pengguna tidak akan menemukan aplikasi bawaan Xiaomi seperti Mi Community, Mi Browser, dan lain sebagainya.

Sebagai gantinya, pengguna akan mendapati aplikasi bawaan Android Go meliputi Gallery Go, Google Go, Assistant Go dan lainnya. Aplikasi di dalam ponsel dapat ditampilkan dengan mengusap layar ke atas.

Dengan demikian, pengguna harus membuka menu pengaturan atau menggeser bar notifikasi untuk menemukan mengaktifkan atau mengatur opsi yang diinginkan.

Desain itu berbeda dengan MIUI yang hanya menampilkan ikon setiap opsi, sehingga ukurannya juga tampak kecil dan lebih mudah dioperasikan.

Secara umum pengalaman navigasi layar Redmi A1 sendiri cukup standar mengingat ponsel ini masuk segmen entry-level dengan refresh rate layar 60 Hz.

Bila Anda terbiasa memakai ponsel dengan refresh rate yang lebih tinggi, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman saat mengoperasikan layar Redmi A1.

Adapun area bawah ponsel tersemat colokan audio 3,5 mm, port USB mikro serta mikrofon.

Xiaomi Redmi A1 memiliki dimensi 164.90 x 76.75 x 9.09 mm dan bobot 192 gram. Ketebalan dan bobotnya terbilang cukup standar seperti ponsel Android lainnya, sehingga tergolong nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Untuk melihat lebih lengkap Redmi A1 dari berbagai sisi, Anda bisa mengklik tautan berikut ini Hands On Redmi A1 dengan Nuansa Indonesia di Luar dan Dalam. 

Kelengkapan Redmi A1

Redmi A1 hanya dilengkapi dengan adaptor charger 10 watt, kabel USB, ejektor SIM serta beberapa dokumen seperti kartu garansi, panduan singkat dan kartu ucapan terimakasih.

Karena watt-nya rendah, ukuran fisik adaptor charger bawaan Redmi A1 juga lebih kecil dibanding ponsel Xiaomi lainnya.

Sebagai gantinya, Redmi A1 dijual bundling dengan perdana Telkomsel. Kartu perdananya sendiri dimasukan dalam kotak Redmi A1.

Spesifikasi Redmi A1

Redmi A1 tampil dengan layar berpanel IPS LCD 6,52 inci dan resolusi HD Plus (720 x 1600). Layarnya disertai dengan poni untuk menampung kamera depan ponsel.

Aspek hardwarenya ditenagai oleh chipset MediaTek Helio A22, yang menawarkan CPU berkecepatan 2.0 GHz. Chip ini dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 2/32 GB dan 3/32 GB.

Xiaomi menyertakan dukungan perluasan RAM sementara hingga 2 GB, dengan meminjam kapasitas dari penyimpanan internal ponsel. Penyimpanannya juga bisa diperluas melalui kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Pada aspek kamera, Redmi A1 dibekali kamera belakang ganda terdiri dari kamera utama 8 MP (f/2.0) dan kamera kedua yang didukung kecerdasan buatan (AI). Sementara itu kamera depannya dibekali resolusi 5 MP (f/2.2).

Kamera tersebut juga diperkaya dengan beberapa fitur seperti mode portrait, video pendek serta time-lapse.

Untuk dayanya, Redmi A1 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 10 watt. Fitur lainnya yang turut melegkapi Redmi A1 yaitu bluetooth 5.0, WiFi 2.4 GHz, konektivitas 4G, radio FM serta colokan audio 3,5 mm.

Harga Xiaomi Redmi A1 di Indonesia

Ponsel ini tersedia dalam warna Black dan Light Blue dan mulai dijual pada 4 November mendatang. Harganya sebagai berikut.

  • Redmi A1 2/32 GB - Rp 1.149.000
  • Redmi A1 3/32 GB - Rp 1.249.000

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/28/18000037/hands-on-xiaomi-redmi-a1-hp-entry-level-dengan-android-murni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke