Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Onic Esports, Sang Jawara MPL ID S10

Kemenangan itu menjadi bukti balas dendam Onic Esports di MPL ID Season 9 lalu. Kala itu, RRQ Hoshi sukses membuat Onic Esports takluk dengan skor keseluruhan 4-1.

Selain dinyatakan sebagai pemenang MPL S10, Onic Esports juga akan mewakili Indonesia di ajang M4 World Championship yang akan berlangsung Januari 2023 mendatang.

Sebagai salah satu tim e-sports profesional yang memiliki divisi khusus untuk game Mobile Legends: Bang-Bang, Onic Esports terpantau rutin mengikuti ajang MPL ID.

Di sepanjang turnamen MPL ID, tim yang dijuluki sebagai "Raja Langit" ini sudah tiga kali sukses merebut gelar juara, yakni di MPL ID Season 3, Season 8 lalu dan yang terbaru di Season 10.

Meskipun dikenal sebagai salah satu tim e-sport cabang Mobile Legend, Onic Esport juga membuka divisi untuk cabang lain.

Lantas, siapa sebenarnya Onic Esports? Bagaimana perjalanan mereka di kompetisi e-sport, baik nasional dan internasional?

Profil Onic Esports

Onic Esports merupakan organisasi tim e-sports profesional yang dibentuk pertama kali oleh pengusaha sekaligus politikus muda asal Indonesia, Rob Clinton Kardinal pada 26 Juli 2018 lalu.

Dia merupakan anak laki-laki dari Robert Joppy Kardinal yang menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Saat pertama kali didirikan, Onic Esports awalnya hanya memiliki satu buah tim untuk divisi game Mobile Legends. Seiring dengan berjalannya waktu, Onic Esports mulai mendirikan tim untuk cabang e-sports lain seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan Valorant. 

Karena namanya semakin dikenal, Onic Esports membuka cabang tim divisi Mobile Legends di Filipina tahun 2019. Dikenal sebagai Onic Filipina (Onic PH), tim ini kemudian ikut serta dalam turnamen Mobile Legends: Bang-Bang Professional League Filipina Season 4 (MPL PH S4).

Awal perjalanan Onic Esports

Di Indonesia, Onic Esports menjalani debut pertama dengan mengikuti turnamen e-sports MPL ID Season 2 yang berlangsung pada tahun 2018 lalu. Mulanya, Onic Esports beranggotakan Spade, Drian, Eiduart, Ichsan, Fenrir, serta Antimage.

Saat itu, Onic Esports berhasil menduduki peringkat ketiga dan membawa pulang hadiah sebesar 11.500 dolar AS.

Tim Raja Langit ini kembali berkompetisi di MPL ID S3. Secara tak terduga, Onic Esports sukses mengukir prestasi gemilang dengan keluar sebagai juara di MPL ID S3.

Beranggotakan Udil, Psychoo, Sasa, Drian, dan Antimage, Onic Esports tidak pernah kalah satu kali pun kalah di MPL ID musim ke-3. Berkat pencapaian tersebut, seluruh anggota Onic Esports mendapat julukan sebagai "Lima Kage".

Namun, satu per satu anggota Lima Kage mulai meninggalkan Onic Esports. Hingga saat ini, Drian menjadi satu-satunya anggota Lima Kage yang masih menetap di tim Landak Kuning ini.

Terlepas dari kepergian Lima Kage, Onic Esports masih terus melanjutkan perjuangannya di ajang MPL ID.

Onic Esports lagi-lagi sukses mempertahankan posisi teratas dengan menyabet juara ketiga di MPL ID S5, meski performa tim semakin menurun di MPL ID musim berikutnya.

Sebab, Onic Esports gagal masuk ke posisi tiga teratas di MPL ID Season 6, Season 7 dan Season 8. Onic Esports kembali bangkit di MPL ID S9 dan sukses masuk ke babak Grand Final. Di final. Onic Esports menantang RRQ Hoshi. Sayangnya Onic Esports harus takluk dengan total skor 4-1.

Kini, dendam tersebut telah terbalaskan. Diwakili oleh Kairi, Butss, CW, Sanz, dan Kiboy, Onic Esports mengalahkan RRQ Hoshi dalam laga Grand Final dengan format tujuh game terbaik (Best of 7/BO7).

Dengan perolehan skor 4-1, Onic Esports berhak membawa pulang hadiah sebesar 140.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar.

Profil anggota Onic Esports setiap divisi

Untuk mengetahui nickname serta nama lengkap dari member Onic Esports yang masih aktif di setiap divisi, silakan simak daftar berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Liquipedia.

Anggota Onic Esports divisi Valorant

  • Monyet - Cahya Nugraha, bergabung sejak 3 November 2022.
  • Lmemore - Hagai Kristen Yesyurun Tewuh, bergabung sejak 10 Oktober 2021.
  • Shiro - Hildegard Arnaldo, bergabung sejak 12 Juni 2021.
  • NcSlasher - Sheldon Andersen Chandra, bergabung sejak 10 oktober 2021.
  • SEVERiNE - Michael Winata, bergabung sejak 3 November 2020.

Anggota Onic Esports divisi PUBG Mobile

  • Chandra - Chandra Wijaya, CEO, bergabung sejak 2019.
  • Riggs - Andi Ryanicko, manager, bergabung sejak 2019.

Anggota Onic Esports divisi Free Fire

  • ZXia - Richky Bagus Setiawan, bergabung sejak 2021.
  • Tayoooo - Fahri Ardiskuma, bergabung sejak 4 Agustus 2020.
  • GAREE - Tegar Dhika Wardana, bergabung sejak 1 Desember 2020.
  • Garduu - Faldy Rasyid, bergabung sejak 20 Juni 2022.
  • Puyaa - Zulkarnain, bergabung sejak 20 Juni 2022.
  • Zuck - Adam Ramdani, bergabung sejak 20 Juni 2022.
  • Tabul - Agus Dwi Saputra, bergabung sejak 2019.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/28/19300017/profil-onic-esports-sang-jawara-mpl-id-s10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke