Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Kata “Fear Mongering” yang Sering Dipakai di Twitter Belakangan

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan di Twitter, kata “fear mongering” tampak sering dipakai oleh cukup banyak pengguna. Kata tersebut biasa dipakai dalam konteks pembicaraan mengenai isu resesi ekonomi global yang diprediksi jatuh pada 2023.

Salah satu contohnya seperti twit yang diunggah oleh akun dengan handle @tanganbelang_tb, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Misalnya, akun dengan handle @Gopenk88 yang juga menggunakan kata “fear mongering” untuk menyebut tindakan seseorang atas isu resesi 2023, sebagaimana tertera di bawah ini.

Kendati mungkin telah cukup banyak dijumpai akhir-akhir ini, namun tahukan sebenarnya apa itu “fear mongering”. Bila ingin memahami lebih lanjut mengenai kata itu, berikut adalah penjelasan seputar arti “fear mongering”

Arti “fear mongering”

Dikutip dari kamus bahasa Inggris online, Cambridge Dictionary, “fear mongering” bukanlah dua kata yang terpisah, melainkan kata benda tunggal yang memiliki satu arti. Secara sederhana, arti “fear mongering” adalah tindakan menakut-nakuti.

Atau, kata tersebut bisa juga berarti tindakan dengan intensi atau tujuan untuk membuat orang lain takut yang semestinya tidak perlu. “Fear mongering” memiliki kesamaan arti juga dengan kata “scare mongering”.

Pada Cambridge Dictionary, “fear mongering” dicontohkan dapat dipakai dalam kalimat seperti ini “Fearmongering about vaccines is dangerous to all of us”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Ketakutan tentang vaksin berbahaya bagi kita semua”.

Dengan arti “fear mongering” seperti itu, tak heran bila kata ini dipakai di Twitter untuk menilai adanya tindakan dari seorang tokoh yang dianggap menebar ketakutan atas isu resesi 2023, seperti pada dua contoh twit di atas.

Demikianlah penjelasan seputar apa itu “fear mongering” yang akhir-akhir ini sering digunakan oleh pengguna di Twitter, untuk menyebut tindakan seorang tokoh dalam menyebar ketakutan atas isu resesi 2023, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/10/29/16150097/arti-kata-fear-mongering-yang-sering-dipakai-di-twitter-belakangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke