Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencari Siaran TV Digital di TV Analog Biasa yang Terpasang Set Top Box

KOMPAS.com - Dalam kebijakan ASO (Analog Switch Off), siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022. Saat TV analog dimatikan, masyarakat di wilayah terdampak hanya akan bisa menonton siaran TV digital.

Siaran TV digital dapat ditonton langsung melalui perangkat televisi yang punya fitur DVB-T2 untuk menerima sinyal digital (TV digital). Selain itu, bisa juga melalui TV analog biasa atau TV non-digital dengan menggunakan perangkat tambahan Set Top Box (STB).

STB atau biasa dikenal juga dengan Digital TV Box merupakan perangkat dengan fitur DVB-T2 yang berfungsi untuk menangkap sinyal digital dan mengonversinya supaya dapat tayang di TV analog biasa.

Dengan Digital TV Box, masyarakat tak perlu repot untuk membeli perangkat TV baru hanya untuk menonton siaran digital. Digital TV Box bisa didapatkan dengan mudah di beberapa marketplace seperti Tokopedia atau Shopee, dengan harga mulai Rp 100.000-an.

Bila kini tengah mencari STB, silakan cek dulu beberapa daftarnya di artikel ini “5 STB Murah untuk Nonton Siaran TV Digital”, Seandainya telah memiliki STB, lantas bagaimana cara memasangnya di TV non-digital?

Cara memasang STB di TV analog biasa bisa dikatakan cukup mudah. Secara umum, terdapat dua perangkat utama yang dibutuhkan untuk menonton siaran TV digital di TV analog, yakni antena penangkap sinyal dan STB.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyambungkan kabel antena ke STB. Lalu, menyambungkan STB ke TV analog menggunakan kabel HDMI atau bisa juga kabel AV, bergantung ketersediaan port-nya.

Setelah semua tersambung, kini TV analog bisa dipakai untuk mencari siaran TV digital dan menontonnya. Lalu, bagaimana mencari saluran TV digital pada TV analog yang sudah terpasang Set Top Box?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mencari siaran TV digital pada TV analog yang sudah terpasang Set Top Box dengan mudah.

Cukup mudah bukan untuk mencari siaran TV digital? Sebagai informasi tambahan, beda merek STB bisa berbeda pula pengaturannya. Penjelasan pengaturan STB bisa dilihat lebih lengkap lewat buku panduan yang tersedia dalam boks kemasan.

Demikianlah penjelasan seputar cara mencari siaran TV digital di TV analog biasa yang telah terpasang STB, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/04/16150007/cara-mencari-siaran-tv-digital-di-tv-analog-biasa-yang-terpasang-set-top-box

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke