Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa di TV Analog

KOMPAS.com - Siaran TV analog dimatikan sejak 2 November lalu di sejumlah wilayah, termasuk yang pertama adalah Jabodetabek. Sebagai gantinya, masyarakat di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) hanya bisa menonton siaran TV digital.

Dalam hal menonton siaran TV digital, masyarakat tak perlu membeli perangkat TV digital baru. Masyarakat tetap bisa mendapatkan siaran TV digital dengan menggunakan TV analog biasa dan antena penangkap sinyal yang telah lama dipakai sebelumnya.

Supaya bisa mendapatkan siaran TV digital di TV analog, syaratnya hanya perlu menggunakan perangkat tambahan Set Top Box (STB) atau Digital TV Box yang mendukung fitur DVB-T2 untuk menerima sinyal digital.

Penting diketahui, tidak semua STB mendukung fitur DVB-T2. Oleh karena itu, ketika hendak membeli STB, pastikan terdapat label yang menyatakan bahwa perangkat telah mendukung fitur DVB-T2.

Sementara itu, bagaimana dengan perangkat antena penangkap sinyal yang digunakan? TV analog harus pakai antena apa? Antena untuk siaran TV digital tak memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, masyarakat tetap dapat menggunakan antena biasa, yaitu antena UHF (Ultra High Frequency) berjenis indoor (dalam ruangan) atau outdoor (luar ruangan), buat mendapatkan siaran TV digital di TV analog.

Antena berfungsi untuk menangkap sinyal digital yang dibagikan oleh stasiun pemancar dari lembaga penyiaran. Antena biasa tetap dapat dipakai di TV analog untuk mendapatkan siaran TV digital, asalkan dihubungkan ke STB terlebih dahulu.

Bila tak ada kriteria khusus, lalu bagaimana cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog? Secara umum, terdapat dua proses cara yang harus dilakukan. Pertama, menghubungkan perangkat antena, Digital TV Box, dan TV analog.

Kedua, mulai mencari sinyal siaran TV digital setelah perangkat terhubung semua. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog.

Cukup mudah bukan cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog? Demikianlah penjelasan seputar cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog menggunakan Digital TV Box.

Sebagai informasi tambahan, jika antena, STB, dan TV analog telah terhubung, tapi ternyata tidak ada sinyal siaran TV digital, cobalah untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah domisili atau tempat tinggal.

Untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia, caranya bisa dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital. Penjelasan yang lebih lengkap soal cara tersebut bisa dibaca di artikel ini “Cara Cek Channel TV Digital lewat Ponsel”.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/05/12150077/cara-mendapatkan-siaran-tv-digital-dengan-antena-biasa-di-tv-analog

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke