Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Unreg Kartu XL dengan Mudah dan Cepat lewat SMS ke 4444

KOMPAS.com - Registrasi kartu XL prabayar wajib dilakukan oleh pelanggan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 beserta perubahannya.

Berdasar peraturan itu, pelanggan harus melakukan registrasi kartu XL miliknya dengan menyertakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Bila tak registrasi, pelanggan tak bakal bisa mengakses layanan SMS, internet, dan telepon.

Satu NIK milik pelanggan bisa dipakai untuk registrasi hingga maksimal di tiga nomor yang berbeda. Seandainya ingin menambah nomor lagi maka pelanggan perlu menghapus atau membatalkan data registrasi (unreg) di salah satu ketiga nomor sebelumnya.

Selain untuk menambah nomor baru, unreg data registrasi tersebut juga diperlukan apabila data NIK yang dimasukkan pelanggan tidak sesuai dengan miliknya sendiri, misal milik orang tua, keluarga, atau teman.

Data yang tidak sesuai tersebut dapat dihapus lalu diganti sesuai dengan milik pribadi. Lantas, bagaimana cara unreg kartu XL? Cara unreg kartu XL bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor “4444” (tanpa tanda kutip).

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal cara unreg kartu XL dengan mudah lewat SMS ke 4444.

Cara unreg kartu XL lewat SMS ke 4444

  • Buka aplikasi SMS di ponsel.
  • Ketik SMS dengan format ini “UNREG#Nomor Ponsel” (tanpa tanda kutip). Misalnya, “UNREG#087851111308”.
  • Selanjutnya, kirim SMS dengan format tersebut ke 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga data registrasi berhasil dihapus atau dibatalkan.

Cukup mudah bukan untuk unreg kartu XL? Untuk diketahui, setelah data tersebut dihapus atau dibatalkan, pelanggan tak akan bisa mengakses layanan di kartu XL miliknya tadi.

Jadi, seandainya ingin menggunakan kartu XL itu untuk mengakses SMS, internet, atau telepon maka pelanggan wajib mendaftarkannya kembali.

Untuk registrasi kembali, caranya ketik SMS dengan format “ULANG#NIK#nomorKK”. Misalnya, “ULANG#1234567#89101112”. Kemudian, silakan kirim pesan SMS dengan format tersebut ke 4444.

Demikianlah penjelasan seputar cara unreg kartu XL lewat SMS ke 4444 dengan mudah. Sebagai informasi tambahan, selain lewat SMS ke 4444, unreg kartu XL juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor XL Center terdekat dengan membawa data asli terkait.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/05/14150017/cara-unreg-kartu-xl-dengan-mudah-dan-cepat-lewat-sms-ke-4444

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke