Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengunci Akun TikTok Supaya Tidak Dilihat Sembarang Orang

KOMPAS.com - Media sosial merupakan wadah untuk berbagi konten antarpengguna dengan bebas. Saking bebasnya, pengguna bisa saja membagikan dan melihat postingan, foto, atau video yang dibagikan oleh orang asing yang tidak dikenal.

Nah, agar privasi lebih terlindungi, berbagai media sosial yang ada saat ini, termasuk TikTok, memiliki fitur untuk mengunci profil pengguna alias menjadikan akun pengguna sebagai akun privat (Private Account). 

Jika kita menjadikan akun kita sebagai akun privat, maka hanya orang-orang yang dikenal atau yang menjadi "pengikut" (follower) saja yang bisa melihat konten-konten yang kita unggah.

Artinya, orang asing yang tidak menjadi follower kita tidak akan mengintip atau memata-matai kegiatan dan konten yang kita unggah sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengunci akun TikTok supaya tidak dilihat sembarang orang?

Untuk melihat apakah akun TikTok kita sudah dikunci atau belum, pastikan ada label "Private account" di bagian atas foto profil akun kita, sebagaimana tampak pada gambar sebelah kanan di atas.

Jika sudah, maka akun TikTok kita sudah tidak bisa lagi diintip oleh orang asing yang hanya ingin memata-matai kita.

Apabila suatu waktu kita ingin membuka kunci atau membuat akun TikTok kita kembali menjadi akun publik yang bisa diakses siapapun, matikan menu "Private account" yang ada di laman pengaturan Privacy tadi.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/06/12020087/cara-mengunci-akun-tiktok-supaya-tidak-dilihat-sembarang-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke