BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

5 Spesifikasi Wajib di Smartphone untuk Mainkan Game Grafis Berat

KOMPAS.com - Mobile game sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Baik secara game play maupun grafis, sejumlah mobile game bisa dikatakan sudah menyamai game pada komputer dan konsol.

Sebut saja eFootball PES 2021, Call of Duty Mobile, LifeAfter, F1 Mobile, Real Racing, PUBG Mobile, dan Genshin Impact. Grafis pada game-game tersebut memanjakan mata sehingga menjadi favorit di kalangan gamer.

Untuk memainkan mobile game dengan grafis terbaik, gamer membutuhkan smartphone dengan spesifikasi dan fitur terbaik pula. Lantas, apa saja spesifikasi dan fitur dibutuhkan? Simak ulasan berikut.

1. Cip dan RAM

Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah dapur pacu smartphone. Game-game bergrafis berat bisa dimainkan dengan lancar pada smartphone dengan cip flagship, seperti Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, Mediatek Dimensity 9000, Exynos 2200, serta Apple A16 Bionic. Prosesor-prosesor smartphone ini punya skor AnTuTu9 teratas.

Sebagai contoh, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang disematkan pada flagship smartphone Oppo Find X5 Pro 5G. Oleh AnTuTu9, prosesor ini mendapatkan skor 1.031.325, mengungguli Mediatek Dimensity 9000 yang punya skor 999.171 dan A16 Bionic dengan skor 953.305.

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen menjelaskan, prosesor multicore Snapdragon 8 Gen 1 pada Oppo Find X5 Pro 5G mampu memproses game dan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Didukung 8 inti, Snapdragon 8 Gen 1 mampu meningkatkan performa hingga 30 persen ketimbang seri Snapdragon 888. Selain itu, arsitektur ARMV9 dan teknologi Qualcomm AI Engine generasi ketujuh membuat prosesor tersebut bisa bekerja empat kali lebih cepat ketimbang Snapdragon pendahulu.

GPU Andreno 730 juga bisa memproses atau rendering grafis 50 persen lebih cepat. GPU ini juga bekerja 25 persen lebih efisien. Efisiensi ini membuat Snapdragon 8 Gen 1 di Oppo Find X5 Pro 5G lebih hemat energi.

Ponsel tersebut juga dibekali sistem multi-tier cooling yang berfungsi menyalurkan panas dan mendinginkan prosesor.

Selain dapur pacu yang andal, smartphone juga wajib dilengkapi random access memory (RAM) berkapasitas jumbo. Ponsel pintar minimal memiliki RAM 8 GB agar bisa menjalankan game berat dengan lancar tanpa lagging.

2. Quick Startup

Pernah kesal karena tiap bermain mobile game favorit harus masuk dari jendela publisher? Padahal, 2 atau 3 jam yang lalu, Anda masih memainkannya. Kondisi ini membuat pehobi gaming harus kembali menunggu karena smartphone membutuhkan waktu untuk memuat ulang data.

Untuk menyiasati hal tersebut, ponsel kekinian menghadirkan fitur Quick Startup. Contoh smartphone yang memiliki fitur itu adalah Oppo Find X5 Pro 5G. Quick Startup pada flagship smartphone Oppo ini mengandalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang terintegrasi dengan sistem operasi pada ponsel.

Dengan fitur tersebut, game bisa kembali diakses melalui jalan pintas untuk kembali ke halaman depan permainan secara cepat tanpa harus menunggu proses.

3. Layar dengan refresh rate tinggi

Tanpa layar terbaik, grafis mobile game takkan ditampilkan dengan lancar. Untuk menilai kualitas layar, gamer bisa melihat kapasitas refresh rate. Sebab, chipset dan RAM yang gahar saja tidaklah cukup untuk memainkan mobile game dengan grafis tinggi.

Sebagai informasi, refresh rate merupakan tolak ukur kecepatan layar smartphone. Semakin tinggi kecepatan pada layar, maka grafis game akan ditampilkan secara smooth.

Sebab, refresh rate yang tinggi mempercepat waktu respons dan memiliki latensi yang rendah. Game pun bisa dimainkan lebih lancar.

Sebagai rekomendasi, layar smartphone minimal harus memiliki refresh rate 120 Hertz (Hz) untuk memainkan game bergrafis berat. Contohnya, layar pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Selain punya refresh rate 120 Hz, layar ponsel itu sudah berteknologi LTPO2 AMOLED dengan resolusi 2K. Dengan begitu, gambar yang ditampilkan pada layar terlihat jernih dan akurat.

4. Baterai kapasitas besar dengan pengisian cepat

Spesifikasi lain yang tak boleh terlewat pada smartphone untuk memainkan game bergrafis terbaik adalah daya baterai berkapasitas besar.

Untuk rekomendasi, smartphone minimal harus punya baterai berkapasitas 5.000 milliampere hour (mAh). Dengan daya sebesar ini, aktivitas gaming akan terbebas kendala.

Selain kapasitas, smartphone juga harus dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat yang mampu mengisi daya penuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Contohnya, fitur pengisian cepat 80W SuperVOOC pada Oppo Find X5 Pro 5G. Berkat teknologi ini, baterai bisa terisi dari posisi kosong hingga 50 persen dalam waktu 12 menit.

Ponsel tersebut juga didukung pengisian daya nirkabel 50W AirVOOC. Dengan fitur ini, gamer takkan terganggu kabel saat mengisi daya sembari bermain game.

Flagship smartphone dari Oppo tersebut juga dibekali Smart Battery Health Algorithm. Fitur ini mampu mempertahankan arus pengisian daya maksimum sehingga masa pakai baterai lebih lama, meski diisi secara cepat.

5. High Performance Mode

Fitur High Performance Mode penting dimiliki smartphone yang ditujukan untuk memainkan game bergrafis berat. Fitur ini mampu menaikkan performa CPU dan GPU sehingga bekerja secara maksimal dalam memainkan game.

Saat fitur diaktifkan, pemrosesan pada aplikasi lain yang sedang tak dipakai akan dimatikan untuk sementara waktu. Kinerja CPU dan GPU akan difokuskan pada game. Alhasil, game pun bisa dimainkan secara mulus tanpa lagging.

Fitur tersebut umumnya disediakan pada flagship smartphone seperti Oppo Find X5 Pro 5G. Untuk mengaktifkan fitur High Performance Mode pada ponsel tersebut, pengguna bisa masuk di menu Battery pada Setting. Kemudian, pilih Advanced Setting dan hidupkan High Performance Mode.

Itulah lima spesifikasi dan fitur andal yang wajib ada pada smartphone untuk memainkan mobile game bergrafis bagus. Seperti yang telah disebutkan, kelima hal tersebut sudah dimiliki Oppo Find X5 Pro 5G. Dengan begitu, flagship smartphone dari Oppo ini bisa jadi pilihan untuk memainkan game bergrafis terbaik.

Selain dapur pacu dan fitur yang cocok untuk memainkan game berat, flagship smartphone tersebut juga dilengkapi kamera terbaik dengan tiga konfigurasi kamera belakang, yakni kamera utama 50 megapiksel (MP) dengan sensor IMX766, kamera ultra-wide 50 MP, serta kamera telefoto 13 MP.

Untuk kamera depan, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali lensa beresolusi 32 MP dan sensor Sony IMX766. Teknologi ini mendukung pengambilan gambar minim cahaya.

Smartphone tersebut juga didukung teknologi dari Hasselblad, yakni Natural Color Calibration yang mampu menghasilkan gambar dengan warna lebih natural dan akurat.

Dengan beberapa performa fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G cocok menjadi pilihan gamer. Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 14.999.000 ini dapat dibeli di OPPO Brand Store, OPPO Official Store, Erafone, Urban Republic, mitra toko, dan e-commerce partner terkemuka.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/10/14150057/5-spesifikasi-wajib-di-smartphone-untuk-mainkan-game-grafis-berat

Bagikan artikel ini melalui
Oke