Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Leica Leitz Phone 2 Meluncur, Bawa Kamera 47 MP dan Layar 240 Hz

Ponsel ini merupakan penerus dari Leica Leitz Phone 1 yang sudah diluncurkan lebih dulu pada Juli 2021 lalu. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini merupakan hasil kerja sama dengan Sharp.

Artinya, ponsel Leica ini bukan buatan perusahaan sepenuhnya, melainkan ponsel Sharp Aquos yang di-rebrand dan disertai software penunjang dari Leica.

Leica Leitz Phone 2 merupakan Sharp Aquos R7 yang di-rebrand. Tahun lalu, Leica Leitz Phone 1 yang dirilis tahun lalu merupakan hasil rebrand dari Sharp Aquos R6.

Jadi, secara keseluruhan, spesifikasi yang dimiliki Leica Leitz Phone 2 ini serupa dengan Sharp Aquos R7. 

Terlepas dari kesamaan spesifikasi yang dimiliki, ponsel terbaru Leica ini membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, Leica Leitz Phone 1.

Misalnya, perangkat terbaru ini dibekali kamera utama beresolusi 47,2 MP (f/1.9) yang dipadukan dengan lensa focal length 19mm, sedangkan Leica Leitz Phone 1 memiliki kamera utama 20 MP dengan lensa Summicron 19 mm (f/1.9).

Adapun refresh rate ponsel terbaru Leica mengalami peningkatan dua kali lipat dibanding sebelumnya. Leica Leitz Phone 2 memiliki refresh rate 240 Hz, sedangkan Leica Leitz Phone 2 berada di angka 120 Hz saja.

Pada aspek hardware, Leica Leitz Phone 2 mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1, sedangkan Leica Leitz Phone 2 diotaki oleh Snapdragon 888.

Untuk lebih lengkapnya, simak rincian spesifikasi dari Leica Leitz Phone 2, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Sabtu (12/10/2022).

Modul tersebut terletak di tengah atas perangkat. Lalu, di bagian bawahnya, terdapat logo bertuliskan “Leitz” berwarna merah.

Sementara itu, di sisi kanan perangkat, terdapat dua tombol yang lebih kecil dan satunya lebih panjang. Tombol yang lebih kecil berfungsi sebagai tombol daya, sedangkan tombol yang lebih panjang dapat digunakan untuk mengatur volume suara.

Spesifikasi Leica Leitz Phone 2

Leica Leitz Phone 2 mengusung layar IGZO OLED seluas 6,6 inci dan menawarkan resolusi WUXGA Plus Pro (2.730x1.260 piksel). Refresh rate layar 240 Hz, tingkat kecerahan maksimal 2.000 nits, dan kedalaman warna 10-bit.

Leica Leitz Phone 2 dihiasai dengan punch hole (layar berlubang) sebagai wadah dari kamera selfie yang beresolusi 12,6 MP (f/2.3) disertai fitur PDAF. 

Layar perangkat juga sudah dilapisi kaca pelindung Gorilla yang tidak disebutkan jenisnya dan dibekali teknologi Dolby Vision. Leica Leitz Phone 2 juga sudah mengantongi sertifikat IPX5, IPX8 dan IPX6X untuk ketahanan air dan debu.

Sementara itu, pada bagian punggung ponsel terdapat satu sensor kamera yang memiliki resolusi 47,2 MP dengan focal length 19 mm (f/1.9). Dengan panjang fokus 19 mm, gambar yang dihasilkan bisa memiliki ukuran yang lebih luas.

Kamera Leica Leitz Phone 2 dibekali fitur yang bisa menghasilkan gambar layaknya tiga lensa ikonik yang terdiri dari lensa Summilux 28 untuk gambar aksi, Summilux 35 untuk mengambil fotografi di jalanan, dan Noctilux 50 untuk mengambil gambar bokeh dengan aperture f/1.2.

Untuk menunjang performanya, Leica Leitz Phone 2 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan media penyimpanan UFS 3.1 sebesar 512 GB.

Penyimpanan yang ditawarkan Leica kali ini lebih besar dibanding Sharp Aquos R7 yang menawarkan media penyimpanan sebesar 256 GB.

Perluasan kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Sistem operasi yang dijalankan Leica Leitz Phone 2 adalah Android 12. Leica Leitz Phone 2 ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan fast charging.

Pengisian baterai bisa dilakukan melalui port USB-C yang tersedia. Fitur pendukung lainnya adalah jaringan 5G, dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 ax (2.4GHz+5GHz), Bluetooth 5.2, GPS, NFC, dan pemindai sidik jari di bawah layar.

Harga Leica Leitz Phone 2

Leica Leitz Phone 2 memiliki satu varian warna saja, yaitu Putih. Banderol harga yang dipatok seharga 225.360 yen atau setara dengan Rp 24,7 juta.

Ponsel baru akan tersedia secara resmi pada 18 November mendatang. Akan tetapi, kemungkinan besar ponsel ini hanya tersedia secara ekslusif di Jepang saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/12/19000007/leica-leitz-phone-2-meluncur-bawa-kamera-47-mp-dan-layar-240-hz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke