BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Helo
Salin Artikel

Dua Tahun Hadir di Indonesia, Ini 5 Fakta Menarik Pengguna Helo

KOMPAS.com – Platform media sosial (medsos), Helo, genap berusia dua tahun pada Sabtu (15/10/2022). Bermula dari pasar India, platform medsos ini menyediakan berbagai informasi dan hiburan, serta menghubungkan pengguna dengan komunitas.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Helo Indonesia, selama dua tahun hadir di Indonesia, Helo mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Indonesia melalui berbagai konten menarik.

Selama itu pula, Helo berhasil menemukan berbagai fakta menarik setelah melihat perilaku masyarakat Indonesia dalam membagikan dan menyerap informasi.

Berdasarkan temuan tersebut, Helo berupaya melakukan berbagai cara agar menjadi media sosial yang mampu memenuhi segala kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia.

“Di sisi lain, kami juga mendorong para kreator konten untuk terus berkarya secara bijak. Tujuannya, demi tercipta lingkungan medsos yang aman dan sehat bagi para pengguna Helo,” bunyi keterangan tertulis Helo Indonesia yang diterima Kompas.com, Selasa (15/11/2022).

Berikut adalah lima fakta menarik pengguna Helo di Indonesia.

1. Tiga topik teratas yang paling sering dibahas

Topik yang paling dominan dalam perbincangan para pengguna Helo di Indonesia adalah berita sosial yang sedang viral. Tim Helo menemukan fakta bahwa diskusi seputar berita sosial mencapai lebih dari 40 persen dari total seluruh diskusi pada platform.

Angka tersebut diperoleh dari jumlah postingan serta komentar dari tiap konten yang diunggah oleh para pengguna.

Topik yang menempati peringkat kedua adalah postingan seputar emosional atau perasaan. Hal ini tak mengherankan karena masyarakat Indonesia gemar mengunggah cerita tentang kehidupan, asmara, serta perasaannya di medsos.

Selanjutnya, peringkat ketiga dari tema yang paling sering dibahas oleh pengguna Helo adalah konten hiburan.

2. Isu terkini menjadi bahan diskusi di #AdaApaHariIni

Pengguna Helo memiliki banyak cara untuk mengakses informasi di platform itu. Salah satunya melalui tagar #AdaApaHariIni. Tagar ini membantu pengguna mendapatkan beragam informasi, mulai dari sosial, hiburan, olahraga, hingga gaya hidup.

Adapun pemberitaan seputar kasus Ferdy Sambo menjadi isu yang paling lama diperbincangkan di platform Helo. Isu ini mendapatkan perhatian sebanyak 46.000 postingan dengan jumlah diskusi hingga 620.000.

Adapun topik berikutnya yang paling banyak dibincangkan adalah tragedi Stadion Kanjuruhan. Topik ini masih aktif diperbincangkan di platform Helo dengan total diskusi sebanyak 232.000.

Topik berikutnya yang ramai didiskusikan adalah pemberitaan seputar Eril Kamil, putra Ridwan Kamil yang hilang dan meninggal di Sungai Aare, Swiss. Topik ini mampu memantik 201.000 diskusi di platform tersebut.

3. Lebih dari 600 media turut membagikan informasi terkini

Sebagai one-stop platform yang menyediakan semua kebutuhan aktivitas sosial dalam satu aplikasi, Helo berhasil mengumpulkan sekitar 400 media untuk bergabung pada tahun pertama di Indonesia.

Selanjutnya, pada tahun kedua, Helo berhasil menambahkan lebih dari 200 media untuk bergabung. Hingga saat ini, total media yang berkontribusi dalam menyediakan informasi serta hiburan kepada para pengguna Helo sebanyak 691.

Sejak awal 2022, Helo memiliki fokus untuk mendorong para penyedia informasi, kreator, dan komunitas agar lebih aktif berkontribusi dalam membagikan konten yang berkualitas pada platform.

Kebijakan tersebut berhasil meningkatkan pertumbuhan jumlah rata-rata postingan sekitar 153 persen pada periode Desember 2021 hingga September 2022.

4. Ramadhan menjadi momen dengan interaksi tertinggi

Ramadhan menjadi momen dengan interaksi tertinggi di platform Helo. Hal ini ditunjukkan dengan kesuksesan kampanye “Ramadan 2022 Berbagi Kebaikan” yang diselenggarakan bersama AIM Biskuit dan TECNO Mobile Indonesia.

Kampanye yang menggunakan empat tagar, yakni #JagaHatiJagaDiri, #DariKebaikanKecil, #SepatahKataMaaf, dan #LebaranIdaman, berhasil memantik diskusi sebanyak 1,7 juta dan postingan sebanyak 562.000.

Selain itu, selama Ramadhan, Helo juga bekerja sama dengan salah satu program TV yang mengajak para pengguna untuk aktif membuat konten kreatif. Kampanye ini menghasilkan 88.000 diskusi di antara pengguna.

5. Kutipan dan stiker yang banyak digunakan

Helo memiliki fitur Status Template yang disediakan untuk membuat konten menarik. Ternyata, fitur ini banyak digunakan oleh netizen Indonesia.

Adapun Status Template yang menjadi incaran para pengguna untuk berkreativitas lewat konten adalah template kutipan, bingkai foto, berita, meme, serta olahraga.

Selama dua tahun terakhir, template kutipan dan stiker digemari para kreator. Hal ini mendorong Helo untuk meningkatkan kecanggihan teknologi pada penggunaan template. Dengan demikian, pengguna Helo termotivasi untuk berkarya dan berkreativitas.

Itulah lima temuan menarik dari pengguna sejak Helo hadir di Indonesia. Berdasarkan keterangan tertulis dari Helo Indonesia, Helo Indonesia merasa bangga melihat perkembangan pesat pada kuantitas serta kualitas konten yang dibagikan di platform Helo.

Pihak Helo Indonesia pun berterima kasih kepada para kreator dan pengguna yang senantiasa membagikan informasi terkini serta ide dan gagasan lewat platform Helo.

“Hal tersebut mendorong kami untuk terus memberdayakan komunitas ke depan. Saat ini, kami ingin memenuhi kebutuhan para pengguna dari generasi Z lewat berbagai konten yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka,” bunyi keterangan tertulis Helo Indonesia yang diterima Kompas.com.

Untuk mendapatkan informasi terkini, menemukan hiburan, dan bergabung dalam program yang diadakan oleh Helo, kamu dapat mengunduh aplikasinya di Google Playstore dan Apple Store.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/15/19330007/dua-tahun-hadir-di-indonesia-ini-5-fakta-menarik-pengguna-helo

Bagikan artikel ini melalui
Oke