Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 Dibanding Gen 1

Sebagai chipset kelas atas, Snapdragon 8 Gen 2 memiliki sejumlah kelebihan dibanding pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien. Chipset ini juga disebut dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) pada ponsel.

AI tersebut dimanfaatkan untuk sejumlah hal, seperti pemrosesan bahasa serta mendongkrak kinerja kamera.

AI Snapdragon 8 Gen 2 dapat digunakan untuk menerjemahkan dua bahasa sekaligus. Melalui sebuah demo, Qualcomm memamerkan fungsi tersebut.

Dalam demo ini, ponsel khusus dengan Snapdragon 8 Gen 2 dan aplikasi penerjemah yang juga dibuat untuk demo, dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa China dan Spanyol tanpa kendala. Bahkan meski ponsel tersebut dalam keadaan offline.

Kemampuan tersebut hadir berkat adanya fitur Snapdragon Smart yang didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Mesin AI di Snapdragon 8 Gen 2 ini, diklaim memiliki peningkatan performa 4,35 kali lebih tinggi dan lebih rendah daya dari AI engine di Snapdragon 8 Gen 1.

Sehingga, Snapdragon 8 Gen 2 menjadi chipset yang lebih cerdas dan efisien.

"Penggunaan daya mesin AI di Snapdragon 8 Gen 2 bahkan lebih rendah hingga 60 persen. Sehingga ponsel akan lebih cerdas tapi efisien," ungkap Vinesh Sukumar, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies.

Selain AI, Snapdragon 8 Gen 2 mendukung codec AV1. Codec ini menawarkan kualitas video yang lebih tinggi meski dalam ukuran file yang sama dengan video codec H.265.

Codec AV1 sendiri dapat membuat ukuran file video 30 persen lebih efisien dari video dengan codec H.265.

Qualcomm juga mengembangkan fitur Snapdragon Elite Gaming di chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini. Salah satunya dengan kehadiran teknologi ray tracing.

Dengan teknologi ray tracing, ponsel dapat menampilkan grafis yang lebih realistis dalam bermain game. Teknologi ini membuat ponsel dapat menampilkan efek cahaya, pantulan atau bayangan dalam permainan tampak nyata.

GPU di Snapdragon 8 Gen 2 juga diklaim 25 persen lebih bertenaga dan CPU-nya diklaim 40 persen lebih efisien.

Kemudian, Snapdragon 8 Gen 2 dibekali dengan modem Snapdragon X70 5G dengan kecepatan download yang diklaim bisa mencapai 10 Gbps dan kecepatan upload 3,5 Gbps. Modem ini juga mengandalkan AI untuk mendongkrak kecepatan data, jangkauan, latensi, serta efisiensi daya.

Snapdragon 8 Gen 2 juga mendukung WiFi 7 yang memiliki latensi rendah.

Untuk kemampuan audio, Snapdragon 8 Gen 2 juga mendukung teknologi Snapdragon Sound yang dapat melacak gerakan kepala untuk suara surround dan streaming musik lossless 48 kHz sehingga suara terdengar lebih detail.

Ada pula Snapdragon Secure sebagai fitur keamanan untuk melindungi data dan privasi pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/16/10000097/ini-peningkatan-di-snapdragon-8-gen-2-dibanding-gen-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke