Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Snapdragon 8 Gen 2 Bawa Dukungan Wi-Fi 7, Apa Istimewanya?

Chipset ini dirancang untuk mentenagai smartphone Android flagship. Sebagai chipset kelas atas teranyar, Snapdragon 8 Gen 2 membawa sejumlah fitur dan terobosan baru. Salah satunya adalah dukungan WiFi 7.

Menurut Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, WiFi 7 memiliki kecepatan dua kali lebih cepat daripada WiFi 6 pada spektrum 6 GHz. Jika pada spektrum 5 GHz, performa WiFi 7 sekitar 1,5 kali lipat lebih cepat dari WiFi 6.

WiFi 7 sendiri bisa memberikan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan latensi rendah hingga 2 milisecond.

Nah, menurut Dominikus, pemanfaatan dukungan WiFi 7 pada Snapdragon 8 Gen 2 ini ideal untuk use case yang membutuhkan kecepatan sangat tinggi secara wireless, seperti untuk streaming video 8K, cloud gaming dengan level yang lebih advanced, extended reality agar lebih mulus, serta edge computing.

"Dengan kelebihan yang ada pada WiFi 7, era baru untuk portable display dengan akses instan ke PC dan komputasi cloud, entertainment, aplikasi pada otomotif, akan lebih baik lagi," kata Dominikus dijumpai KompasTekno di Maui, Hawaii.

Dominikus menambahkan, saat ini sangat wajar apabila mulai beralih ke dukungan WiFi 7. Sebab, mengutip data IDC, Dominikus mengatakan ada 2 milyar perangkat dengan WiFi 6 telah dikirimkan, dan diperkirakan akan tumbuh mencapai 5.2 miliar perangkat pada ahir tahun 2025.

"Ledakan jumlah perangkat ini disebabkan karena terus berkembangnya teknologi WiFiseiring dengan meningkatnya kebutuhan. Wifi 7 dibangun di atas inovasi WiFi 6 dan memaksimalkan spektrum yang digunakan oleh WiFi 6E," ungkap Dominikus.

WiFi 6 sendiri memiliki lebar channel maksimum sebesar 160 MHz. Sementara WiFi 7 bisa mencapai 2 kali lipatnya, yakni 320 MHz.

Dengan lebar tersebut, kecepatan WiFi 7 akan bisa 2 kali lipat lebih cepat daripada wifi 6 di spektrum 6 Ghz.

Konektivitas Snapdragon 8 Gen 2

Selain dukungan WiFi 7, chipset Snapdragon 8 Gen 2 sendiri dibekali dengan modem Snapdragon X70 5G dan menggunakan prosesor AI 5G Qualcomm untuk meningkatkan kecepatan, latensi, serta efisiensi daya.

Chipset tersebut juga memungkinkan perangkat menggunakan dua kartu SIM 5G secara bersamaan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/17/15000017/snapdragon-8-gen-2-bawa-dukungan-wi-fi-7-apa-istimewanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke