Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transfer Data di iPhone 15 Pro Bakal Lebih Ngebut

Informasi ini diungkap oleh analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo yang mengunggah cuitan dalam bentuk thread di Twitter dengan handle @mingchikuo, Kamis (17/11/2022). Kuo sebelumnya mengungkapkan bahwa tidak semua model iPhone di 2023 akan menggunakan USB-C.

Konon, hanya dua model iPhone di generasi mendatang saja yang mengandalkan USB-C. Akan tetapi, belum diketahui USB-C yang dipakai tipe Thunderbolt 3 atau USB 3.2. Menurut prediksi dari analis tersebut, dua model tersebut adalah iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

“Saya memprediksi bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3," tulis Kuo di unggahan Twitternya.

"Pembaruan spesifikasi ini mengindikasikan bahwa pengalaman men-transfer (data) dengan kabel dan pengalaman video akan meningkat secara signifikan,” lanjut Kuo.

Sebab, keduanya memiliki bentuk yang identik. Hal yang menjadi pembeda dari keduanya terletak pada maximum speed yang didukung, alias kecepatan dalam mentransfer data.

Thunderbolt 3 secara teori, mampu menawarkan kecepatan bandwith mencapai 40 Gbps (gigabyte per second), sedangkan konektor Lightning (yang sebelumnya digunakan model iPhone sebelumnya) menawarkan kecepatan USB 2.0 sebesar 480 Mbps (megabyte per second).

Jika prediksi yang diungkap Kuo ini benar dan sesuai, pengguna iPhone 15 versi “Pro” bakal memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih cepat, seperti mengirimkan file foto ProRAW 48 megapiksel.

Sedangkan, untuk pearangkat yang mengandalkan USB-C tipe USB 3.2, kecepatan transfer yang ditawarkan sebesar 5 Gbps hingga 20 Gbps. Meskipun tidak sekencang Thunderbolt 3, USB 3.2 masih lebih unggul dan cepat dibandingkan port Lightning.

Berbeda dengan model reguler, iPhone 15 versi “reguler” konon akan tetap menggunakan port USB-C dengan tipe USB 2.0. Sehingga kecepatan transfer data antara versi reguler dan pro akan berbeda.

Sejauh ini sebagian besar produk Apple seperti iPad yang sudah menggunakan port USB-C telah menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Misalnya, iPad Pro dengan chip M1 dan versi yang lebih baru telah menggunakan USB-C tipe Thunderbolt 3 dengan bandwidth 40 Mbps. Lalu conntoh lainnya ada iPad Air generasi kelima yang mendukung kecepatan transfer 10 Gbps.

Yang terakhir, iPad Air generasi keempat dan iPad Mini versi terbaru juga mendukung kecepatan transfer sebesar 5 Gbps. Terlepas dari kecepatan transfer data yang ditawarkan, fitur AirDrop kerap kali akan dijadikan pilihan untuk mentransfer data tanpa kabel.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/22/09000047/transfer-data-di-iphone-15-pro-bakal-lebih-ngebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke